DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Learning cycle Dalam Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bontang. (Tesis)

Imam Solihin

Abstrak


Solihin, Imam. 2010. Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Learning cycle Dalam Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bontang. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dra. Srini M. Iskandar, M.Sc., Ph.D, (2) Dr. I. Wayan Dasna, M.Si, M.Ed.

 

Kata kunci: Inkuiri terbuka, learning cycle, hasil belajar, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru merupakan salah satu faktor yang menyebabkan belum optimalnya kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa khususnya pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Bontang. Penerapan model inkuiri terbuka dan model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5E) diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran kimia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model inkuiri terbuka dan model pembelajaran LC 5E dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Penelitian ini mengunakan desain eksperimen faktorial 2 × 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Bontang yang berjumlah 132 siswa dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri atas 66 siswa yang terbagi dalam dua kelompok kelas. Kelompok pertama (33 siswa) dibelajarkan dengan model inkuiri terbuka, kelompok kedua (33 siswa) dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran.Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa 20 soal valid dengan reliabilitas 0,88. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan analisis statistik uji Anakova pada taraf signifikan α = 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model inkuiri terbuka dan model pembelajaran LC 5E, mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran, pemahaman konsep dan keterampilan proses serta sikap ilmiah siswa. (2) tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model inkuiri terbuka dan LC 5E dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa (3) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model inkuiri terbuka dan LC 5E dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Perbedaan keefektifan pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, ditunjukkan oleh rerata nilai postes jenjang C4-C6. Rerata nilai postes jenjang C4-C6 untuk siswa kelompok tinggi pada kelas inkuiri terbuka adalah 83, lebih tinggi dari rerata nilai yang diperoleh siswa kelompok tinggi pada kelas LC 5E, yaitu 73. Sebaliknya nilai postes jenjang C4-C6 yang diperoleh siswa kelompok rendah pada kelas inkuiri terbuka adalah 47, jauh lebih rendah dibanding rerata nilai yang diperoleh siswa kelompok rendah pada kelas LC 5E, yaitu 62.

 

ABSTRACT

 

Solihin, Imam. 2010. The effectiveness of Open inquiry Model and the Learning Cycle Model in Improving the Quality of Process and Chemistry Learning Outcomes of 10th Grade Student at SMA Negeri 3 Bontang. Thesis Graduate Master of Chemical Education, State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dra. Srini M. Iskandar, M.Sc., Ph.D., (2) Dr. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed.

 

Keyword: Open Inquiry, Learning Cycle, learning result, high order thingking ability.

cleardotLearning process which tend to be teacher-centered is a factor causing process quality and student learning result of teaching chemistry become suboptimal, those of the 10th grade students of SMA Negeri 3 Bontang. Implementation of learning open inquiry model and learning cycle was expected to improve the quality of the students' chemistry learning. This study aimed to determine the effectiveness of the open inquiry method and learning cycle learning model in improving the processes quality and results of chemistry learning and higher order thinking skills of students on the material of non-electrolyte and electrolytes solutions.

This research used factorial 2 x 2 experimental design. The research population were 10th grade students of SMA Negeri 3 Bontang totaling 132 students with a sample selected using cluster random sampling technique. The sample consisted of 66 students, divided into two groups of classes. The first group (33 students) learned by using an open inquiry method, the second group (33 students) by learning cycle instructional model. The research instrument used consisted of learning instruments and measurement instruments.The trial result instrument shows that 20 questions were valid with a reliability of 0.88. The research data were analyzed using descriptive techniques and anacova statistical analysis at the significant level α = 0.05.

The result of this study showed that: (1) the implementation of open inquiry and learning cycle model, capable of improving the quality of the learning process, understanding concepts, and also scientific students', (2) there was no significance among open inquiry learning model versus learning cycle in improving students learning result, (3) there were significant among opened inquiry versus learning cycle model in improving higher order thinking ability of students, (4) there was interaction among learning models and academic ability in improving learning result and higher order thinking ability of students. Effectiveness differences to students' higher order thinking ability is shown on the average post test grade on C4-C6 level. On the average post test grade on C4-C6 level in opened inquiry class is 81, higher than on the average grade achieved by high cluster students in learning cycle cluster, 73. On the contrary post test grade on C4-C6 level achieved by low cluster students in opened inquiry cluster is 47, much lower than on the average grade achieved by low cluster student in learning cycle class, 62.