DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas XI pada Materi Menganalisis Fenomena Biosfer dan Antroposfer dengan Model Dick and Carey. (Tesis)

Muhammad Yusuf

Abstrak


Muhammad Yusuf, 2010. Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas XI pada Materi Menganalisis Fenomena Biosfer dan Antroposfer dengan Model Dick and Carey. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1), Dr. Amirudin, M.Pd, (2) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan, M.Pd., M.Si.

 

Kata kunci: Buku teks geografi SMA/MA kelas XI, Pengembangan Model Dick and Carey

 

Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) buku teks memuat tiga komponen yakni; (1) memenuhi komponen kebahasaan, (2) komponen isi, dan (3) komponen penyajian. Keberadaan buku teks geografi SMA/MA Kelas XI Semester I yang ditulis oleh K. Wardiyatmoko, 2006 penerbit Erlangga pada standar kompetensi menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer masih banyak menunjukkan kelemahan yang mendasar: Pertama, teks geografi "mengabaikan" aspek kebenaran bahasa, fakta/data, konsep, generalisasi, kebenaran penyajian gambar, serta ketercernaan materi. Kedua, buku teks geografi tidak mencerminkan ciri khas kajian geografi, yakni menyangkut aspek objek studi formal (keruangan, kelingkungan, dan konteks wilayah) dan objek studi material dalam hal interaksi, interrelasi, dan interdepedensi. Oleh karena itu, diperlukan alternatif pemecahan masalah dengan mengembangkan buku teks yang mengarah pada perbaikan dari tiap aspek tersebut.

Produk buku teks yang dikembangkan dalam riset ini berdasarkan kaidah keilmuan geografi dan kurikulum KTSP melalui modifikasi model Dick dan Carey (2001). Prosedur pengembangan terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan lima langkah, yakni: (1) mengidentifikasi standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator berdasarkan konsep BSNP, (2) melakukan analisis materi pelalajaran, (3) menyusun dan menulis buku teks, (4) memvalidasi buku teks, (5) merevisi produk akhir hasil pengembangan buku teks. Buku teks yang dikembangkan berupa mata pelajaran Geografi SMA/MA Kelas XI pada materi Menganalisis Fenomena Biosfer dan Antroposfer. Pengembangan diharapkan dapat menghasilkan buku teks yang sesuai dengan kaidah keilmuan geografi.

Hasil uji coba oleh ahli materi, buku teks berada dalam kategori efektif (83,04%). Hasil uji coba oleh ahli bahasa, buku teks berada dalam kategori sangat efektif (89,00%), tetapi masih ada 8 kesalahan dalam pengetikan 5 kesalahan penggunaan tanda baca, 9 kesalahan penggunaan huruf yang seharusnya huruf besar (kapital), 6 kesalahan penggunaan huruf yang seharusnya huruf kecil, dan 3 catatan tertulis dalam buku teks yang perlu di perbaiki. Hasil uji coba oleh ahli media pembelajaran, buku teks berada dalam kategori efektif (73,04%). Hasil uji coba lapangan pada siswa, buku teks berada dalam kategori sangat efesien (87,33%). Hasil uji coba lapangan pada guru, buku teks berada dalam kategori sangat efesien (89,33%).

Saran pemanfaatan buku teks: (1) bagi guru harus memperhatikan petunjuk penggunaannya pada bagian awal dari buku ini, (2) bagi siswa dan guru dalam memahami isi buku lebih difokuskan membaca materi yang berkaitan langsung dengan indikator, sedangkan materi lainnya sebagai pendalaman dari materi utama, (3) bagi siswa, pada setiap lembaran buku teks yang terdapat kosa kata asing telah dilengkapi dengan kolom definisi istilah. Jika mengalami kesulitan memahami kosa kata asing tersebut, sebaiknya siswa memperhatikan kolom definisi istilah, (4) bagi siswa dan guru yang ingin mendalami materi lebih dalam, maka pada beberapa bagian isi buku telah dicantumkan alamat website yang bisa dikunjungi dan langsung berhubungan dengan materi yang disajikan, dan (5) bagi siswa dan guru, untuk memahami gambar dengan jelas perhatikan kolom penjelasan pada masing-masing gambar/foto.

Saran desiminasi sebaiknya: (1) dilaksanakan seminar skala regional bahkan nasional tentang pengembangan buku teks geografi untuk SMA/MA, (2) Buku teks diperkenalkan kepada forum-forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bidang studi Geografi, dan (3) buku teks dimuat dalam suatu rubrik atau kolom penulisan buku (e-book) di alamat suatu website.

Saran pengembangan selanjutnya sebaiknya: (1) dilakukan pengembangan produk buku teks secara utuh, yakni semester I dan semester II pada kelas yang sama (2) dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas di wilayah Indonesia, (3) dilakukan tes kemampuan siswa sebelum dan sesudah membaca buku hasil pengembangan buku teks.

 

ABSTRACT

 

Muhammad Yusuf, 2010. The Development of Geography Text Book for Senior High School (SMA/MA) Grade XI on The Material Of Analyzing Biosphere and Antroposfer Phenomenon with Dick and Carey Model. Thesis. Geography Education Department, Post Graduate Program. State University of Malang. Consultant: (1), Dr. Amirudin, M.Pd, (2) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan, M.Pd., M.Si.

 

Keywords: Geography Text Book for Senior High School (SMA/MA) Grade XI The Development of Dick and Carey Model

Based on the education national standard institution (BSNP) text book includes there components namely: (1) fulfill the component of proper language, (2) the component of content, (3) the component of performance. The avaible of geography text book for high school (SMA/MA) grade XI in the first semester written by K.Wardiatmoko, 2006 published by erlangga in the competence standard of analyzing biosphere and antroposfer phenomenon still have many basic weaknesses. First, geography text ignores the aspect of language properness, fact/data, concept, generalization, picture performance appropriateness, and material acceptance. Second, geography text book does not represent the specific the specific charachteristics of geography fields, namely contain the formal object of geography (space, environment, and regional context) and material study object in the case of interaction, interrelation, and interdependency. Therefore, it needs for alternatives of solution by developing text book oriented on the improvement and revision of each aspect

The product of text book developed in this research based on the scientific rules of geography and the curriculum of KTSP through modification of dick and carey model (2001). Development procedures consist of ten steps but the writer only take five steps namely: (1) Identifying competence standard, basic competence and indicator based on BSNP concept, (2) analyzing the material of learning, (3) arranging and writing text book, (4) validating text book, (5) revising the final product of development result. Text book that developed by the writer is a text book of Geography for SMA/MA grade XI on the material of analyzing biosphere and anthroposphere phenomenon. It is expected to produce text book which is appropriate with the scientific rules of geography

The result of test by the material expert, text book is in effective category (83,04%). The result of test by language expert text book is in very effective category (89,00%). But there are 8 mistyping cases, five mistakes in punctuation, 9 mistakes in capitalizing, 6 mistakes in using capital that should be in small characters and 3 notes in text book had to be revised. The result of test by learning devices expert, text book is in effective category (73,04%). The result of test on the students, text book is in very efficient category (87,33%). The result of test on geography teacher, text book is in very efficient category (89,22%).

The suggestion for text book usage: (1) for teachers, have to pay attention the instruction of book usage on the initial part of this book, (2) for students and teacher in comprehending the content, more focused in reading material that directly related with indicator while the other material as a review of the main material, (3) for students, in every piece of text books contain foreign terms completed with glossary. If the students feel difficult to comprehend the foreign term or vocabulary, they may find the meaning of them in glossarium, (4) for students and teacher who want to recognize the material deeply, there are many website addresses to visit, and it is directly related to the material and (5) for students and teachers, to comprehend the picture clearly, pay attention to the explanation on each picture/photo

Dissemination suggestion, should be (1) held a seminar in regional scale or even national about the development of geography text book for high school (SMA/MA), (2) text book should be introduced to the organization of specific discipline teacher especially geography teachers and (3) text book is published in a rubric of book writing (e-book) in websites.

Suggestion for further development (1) it should be held a development of text book in complete version namely semester I and II in the same grade, (2) should be held a broader field test by taking wider sample from all part of Indonesia and (3) should be held a test to examine the student achievement before and after reading the result of text book development.