DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing dalam Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD N Madyopuro 6 Malang. (Tesis)

Agus Mulyadi

Abstrak


Mulyadi, Agus. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing dalam Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD N Madyopuro 6 Malang.Tesis, Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M. Ed, (II) Dr. Umie Lestari, M. Si

 

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, Snowball Throwing, aktivitas belajar, hasil belajar

Pembelajaran IPA yang terjadi di kelas IV SDN Madyopuro 6 terlihat masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh kepasifan siswa , kebosanan siswa dalam menerima palajaran, sehingga dapat menyebabkan rendahnya akivitas dan hasil belajar siswa. Metode ceramah dan pemberian tugas saja dipandang masih belum efektif dalam mengembangkan proses berfikir siswa. Selama ini cara mengajar guru masih menggunakan metode konvensional, yaitu pembelajaran berpusat pada guru. Akibatnya suasana belajar terlihat kaku, terpusat satu arah, dan kurang memberi kesempatan bagi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Sehubungan dengan hal ini salah satu pendekatan pembelajaran yang kini mendapat respon adalah pembelajaran kooperatif.dengan model snowball Throwing.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menjelaskan peningkatan aktivitas belajar IPA tentang Gaya melalui pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 Malang Tahun ajaran 2009-2010.(2) menjelaskan peningkatan hasil belajar IPA tentang Gaya melalui pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 Malang Tahun 2009-2010.

Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 Malang Tahun2009-2010. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru, tes hasil belajar siswa, hasil wawancara dengan siswa dan angket. Materi yang disampaikan pada penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan empat tahap, yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).

Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi gaya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing menunjukkan adanya (a) Terjadi peningkatan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa, yaitu dari 72,00% pada tindakan siklus I menjadi 83,75% pada tindakan siklus II (b) Terjadi peningkatan persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru, yaitu dari 84,61% pada tindakan siklus I menjadi 92,30% pada tindakan siklus II, (c) Nilai rata-rata hasil tes belajar siswa meningkat dari 64,4 pada tindakan siklus I menjadi 73,6 pada tindakan siklus II dan 75,6 pada tes akhir tindakan.

 Siswa menunjukkan respon yang cukup baik. Respon yang dimaksud adalah: (a) Siswa menjadi lebih antusias atau semangat mengikuti kegiatan pembelajaran, (b) Dengan melakukan pembelajaran pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing, proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, (c) Dengan belajar berkelompok dapat terjadi kegiatan diskusi yang bermanfaat, terjadi interaksi sosial, interaksi berpikir antar siswa, antara siswa dengan guru. Walaupun pelaksanaan pembelajaran pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing telah dilaksanakan dengan baik, ada beberapa kendala yang dihadapi antara lain: (a) keefektifan waktu dalam melaksanakan diskusi masih belum begitu maksimal, adanya siswa yang kurang bisa membaur dengan kelompok yang hiterogen sehingga kerjasama dalam kelompok kurang bisa berjalan dengan baik,sehingga (b) Belum terbiasanya siswa dengan kegiatan diskusi dan belajar kelompok menyebabkan kegiatan diskusi kurang berjalan efektif.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan hal-hal sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing utamanya saat diskusi kelompok perlu diterapkan pada pembelajaran lain, untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah di tiap-tiap mata pelajaran. (2) Penelitian ini perlu dikembangkan lagi, sehingga dapat memberikan inovasi lebih banyak dan dalam penelitian selanjutnya perlu memperhatikan kelemahan-kelemahan dalam penelitian sebelumnya,agar pembelajaran menjadi lebih efektif.

 

ABSTRACT

 

Mulyadi, Agus. 2010. Implementation of Cooperative Learning of Snowball Throwing Model in Improving the Learning Activities and IPA Learning Result of the Class IV Students of SDN Madyopuro 6 Malang. Thesis, Department of Basic Education, Post Graduate Program, State University of Malang. Advisor: (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Ed., (II) Dr. Umie Lestari, M.Si.

 

Key words: cooperative learning, Snowball Throwing, learning activities, learning result

IPA learning in class IV of SDN Madyopuro 6 is still low. This is influenced by the students' passiveness, students' boredom in receiving the materials, so that it led to low activity and low learning result of the students. The lecturing method and task assignment seemed to be ineffective in developing students' thinking process. So far, teachers have been using conventional method, which is teacher-centered learning process. Therefore, the learning process was awkward, centered in one direction, and lacking opportunities for the students to be more active in the learning process. In relation to that, one of the learning methods which receive greater response is cooperative learning using snowball throwing model.

The research aims to: (1) explain the improvement of learning activities of IPA, especially the Force topic, by means of cooperative learning using Snowball Throwing model in the class IV of SDN Madyopuro 6 Malang in the academic year of 2009-2010; (2) explain the improvement of learning result of IPA, especially the Force topic, by means of cooperative learning using Snowball Throwing model in the class IV of SDN Madyopuro 6 Malang in the academic year of 2009-2010.

The research was conducted using classroom action research to class IV students of SDN Madyopuro 6 Malang in the academic year of 2009-2010. The research data was obtained from observation of the students' learning activities, teachers' teaching activities, evaluation of the students learning, and students' interview result and questionnaire. Materials presented in this research consisted of two cycles with four stages of planning, action, observation, and reflection.

Based on the research result on the improvement of learning activities and learning result of the students, especially the Force topic, by implementing the cooperative learning of Snowball Throwing model showed that (a) there was an improvement of percentage of achievement in the students' learning activities, that is 72.00% in the cycle I action into 83.75% in the cycle II action, (b) there was an improvement of percentage of achievement in the teacher's teaching activities, that is 84.61% in the cycle I action into 92.30% in the cycle II action, (c) the average students' score of the learning evaluation improved from 64.4 in the cycle I action into 73.6 in the cycle II action and 75.6 in the evaluation of the final action.

Students showed quite good response. Their response are (a) they became more enthusiast or encouraged in following the learning, (b) by conducting cooperative learning of Snowball Throwing model, the learning process became more interesting and pleasing, (c) by learning in group, there will be a beneficial discussion, social interaction, and thinking interaction among students, and among teachers and students. Although the implementation of cooperative learning using Snowball Throwing model has been running well, there were some obstacles in the process such as (a) time effectiveness in conducting discussion has not been optimal, there were some students who were less blending into heterogeneous group so that the cooperation was not established well, and therefore (b) the students were less accustomed to the discussion activities and group learning and this led to the less effective discussion.

Based on the research result, there are some points to be suggested: (1) the implementation of cooperative learning using Snowball Learning model, especially during the group discussion, needs to be implemented to other learning process in order to optimized the students' ability in solving problems in each subjects, (2) the research needs to be developed further so that it will provide greater innovation and for further research, weaknesses of the previous research should be pointed out so that the learning process could be more effective.