DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tindak Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Matakuliah Ekonomi Koperasi (Studi Fenomenologis pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). (Tesis)

Ro’ufah Inayati

Abstrak


Inayati, Ro'ufah. 2010. Tindak Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Matakuliah Ekonomi Koperasi (Studi Fenomenologis pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M. Dimyati, (II) Dr. Waras, M.Pd

 

Kata kunci: pola interaksi, tindak belajar, ekonomi koperasi.

Kegiatan pembelajaran merupakan perilaku sosial sehari-hari yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Dalam kegiatan pembelajaran terjadi interaksi antara mahasiswa dengan sesama mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan sumber belajar. Fenomena yang akan diamati dalam penelitian ini fokus pada tindak belajar mahasiswa yang terwujud dari proses interaksi selama kegiatan pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) pola interaksi dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi; 2) tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Lokasi penelitian ini adalah di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM). Data yang dikumpulkan berupa data tentang tindak belajar mahasiswa, yang berwujud tindakan dan kata-kata yang muncul selama terjadinya proses interaksi dalam kegiatan pembelajaran. Data tersebut diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan pada 40 orang mahasiswa yang menempuh matakuliah Ekonomi Koperasi pada semester genap 2008/2009. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan siklus model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk keperluan pengecekan keabsahan data digunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pola interaksi dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi meliputi (a) interaksi antara mahasiswa dengan dosen, terdiri dari interaksi antara dosen dengan seluruh mahasiswa di dalam kelas dan interaksi antara dosen dengan mahasiswa perorangan, (b) interaksi antara mahasiswa dengan sesama mahasiswa, dan (c) interaksi antara mahasiswa dengan sumber belajar; 2) tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi meliputi tindak belajar pasif, tindak belajar aktif-dengan pengharapan, dan tindak belajar aktif.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan yang dapat menggali lebih dalam lagi aspek-aspek tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi, misal: penelitian tentang tindak belajar mahasiswa berdasarkan gaya belajar masing-masing mahasiswa.

 

ABSTRACT

 

Inayati, Ro'ufah. 2010. College Student Learning Action in Instructional Cooperative Economics Course (Phenomenologiest Study at Economics Faculty of State University of Malang). Thesis, Graduate Program in Instructional Technology, State University of Malang. Advisor: (I) Prof. Dr. H. M. Dimyati, (II) Dr. Waras, M.Pd

 

Key words: interaction pattern, learning action, cooperative economics.

Instructional activity is constitute social behavior which do by lecturer and college student. Interaction among college student with college student humanity, college student with lecturer, and college student with learning source happens in instructional activity. Phenomenon that will be observed in this research focuses on college student action in study that comes up from interaction process in instructional activity in Cooperative Economics course. Research's objective are to describe and analyze 1) instructional interaction pattern in Cooperative Economics course; 2 ) college student learning action in Cooperative Economics course.

            This research is qualitative research using phenomenologiest approach. The observational location at Economics Faculty of State University of Malang. Data required is data about college student action in studying, as action and emerging word up to its interaction processes in instructional activity. That data is acquired through in-depth interview and observation on 40 college students whose involve in Cooperative Economics course on even term 2008/2009. Data analyzing utilizes interactive mode cycle that covers data collecting, data reduction, data representation, conclusion and verification. For data authenticity checking was utilized by participation prolongation technique, observation persistence, and triangulation.

            Observational result points out that 1) interaction pattern in Cooperative Economics course covers (a) interaction among college student with lecturer, consisting of interaction among lecturer with entire college student at class and interaction among lecturer with college student individually, (b) interactions between college students, and (c) interactions among college student with learning source; 2 ) college student learning action in Cooperative Economics course covers passive studying, active studying with expectancy, and active studying action.

            Based on these observational result, suggested that sequel research could explore aspects of college students action learning in Cooperative Economics course, for example: research about college student action learning based on each college student learning style.