DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran berbasis Internet Web Centric Course dan Model Pembelajaran Konvensional pada Mahasiswa yang Memiliki Tingkat Self-Efficacy Kemampuan Komputer Berbeda. (Disertasi)

Nurhikmah Nurhikmah

Abstrak


Nurhikmah H. 2010. Perbandingan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran berbasis Internet Web Centric Course dan Model Pembelajaran Konvensional pada Mahasiswa yang Memiliki Tingkat Self-Efficacy Kemampuan Komputer Berbeda. Disertasi, Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, MA., (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (III) Dr. Waras Kamdi, M.Pd.

 

Kata kunci: web centric course, konvensional, self-efficacy, hasil belajar

Perkembangan yang cepat dalam bidang teknologi komunikasi telah memberikan sumbangan potensial pada sektor pendidikan dan pelatihan. Potensi teknologi tidak saja meningkatkan efesiensi, keefektifan, dan keluwesan proses pembelajaran, tetapi juga berdampak pada pengembangan materi, pergeseran peran pembelajar, dan semakin berkembangnya otonomi pebelajar.

 

  Peran pembelajar sebagai sumber pengetahuan berubah menjadi fasilitator, motivator, evaluator, dan tutor. Perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada pembelajar menjadi pembelajaran yang berpusat pada pebelajar, merupakan satu upaya penting untuk mengoptimalkan proses pembelajaran yang menumbuhkan pebelajar jadi aktif belajar. Perubahan ini seharusnya tercermin dalam aktivitas belajar yang menempatkan tanggung jawab yang tinggi pada pebelajar terhadap belajar mereka sendiri.

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi tersebut, maka salah satu model pembelajaran yang berpusat pada pebelajar adalah model pembelajaran berbasis internet web centric course yakni suatu model pembelajaran yang menggabungkan antara tatap muka dan tanpa tatap muka (melalui internet). Pada dasarnya pembelajaran berbasis internet ini memungkinkan proses pembelajaran yang berpusat pada pebelajar sehingga lebih cenderung terjadi suatu proses pembelajaran mandiri dan proaktif pada diri pebelajar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pebelajar.

Faktor lain yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran berbasis internet web centric course adalah self-efficacy kemampuan komputer yaitu keyakinan pemakai terhadap kemampuannya menggunakan komputer. Faktor ini sangat menentukan keberhasilan pebelajar dalam menggunakan komputer yang merupakan media utama dalam pembelajaran berbasis internet.

Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan terhadap hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan pada mahasiswa S1 FIP UNM. Kegunaan atau manfaat penelitian ini dipilah menjadi dua, yaitu (1) manfaat teoretis yang terkait dengan pelaksanaan kebijakan dalam pendidikan dan (2) manfaat praktis untuk pelaksanaan tindakan pembelajaran di kelas dalam lembaga pendidikan.

Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Desainnya merupakan versi nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 semester IV Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berjumlah 80 orang (dua kelas). Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis kovarian (anakova) dua jalur 2 x 2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis internet web centric course dan kelompok mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan antara kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer tinggi dan kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy kemampuan komputer terhadap hasil belajar tujuan kognitif pada mata kuliah Sosiologi Pendidikan pada mahasiswa S1 FIP UNM. Statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer tinggi (rerata 87,35) memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer rendah (rerata 82,50).

            Walaupun dalam penelitian ini model pembelajaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, disarankan kepada para dosen hendaknya memperhatikan faktor-faktor penunjang dan kondisi pembelajaran seperti motivasi, kedisiplinan, gaya belajar, keterampilan penguasaan komputer, fasilitas yang tersedia, keterampilan mengelola pembelajaran berbasis internet dan lain-lain. sehingga dosen dapat memberdayakan mahasiswa, sumber-sumber belajar dan fasilitas yang tersedia secara maksimal dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

 

ABSTRACT

 

Nurhikmah H. 2010. The Comparison of the Learning Achievement of the Use of Web Centric Course Internet Based and Conventional Learning Models for University Students with Different Level of Self-Efficacy Capabilities in Computer. Dissertation, Instructional Technology Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, MA., (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (III) Dr. Waras Kamdi, M.Pd.

 

Keywords : web centric course, conventional, self-efficacy, learning achievement

The rapid growth of communication technology has potential contribution on education and training sectors. The effects of technological potency do not only to increase efficiency, effectiveness and flexibility in learning process, but also to influence material development, the shift of the lecturer/teacher's roles and the increasing autonomy of the learners.

The role of lecturer/teacher as the source of knowledge has changed into facilitator, motivator, evaluator, and tutor. The change of paradigm, from teacher-centered learning to learner-centered learning, is an essential effort to optimize learning process in order to encourage learner to be more active in learning. This change should be reflected on learning activity process, which place greater responsibility on the learners toward their own studies.

Along with such communication technology development, one of the learner-centered learning model is the web centric course, the internet-based learning model, that combines face-to-face communication and non-face-to-face communication (via internet). Basically, such internet-based learning enables student-centered learning, therefore, it tends to make students proactive and support their own learning process. Besides that, the learners are facilitated to learn anytime and anywhere they want with their own learning styles, therefore, it is expected to be able to improve their learning achievement.

Another factor that influences the success of internet web centric course-based learning is self-efficacy capability in using computer. This factor determines the frequency and success in using computer as the main media in internet-based learning.

The objective of this research was to determine the main influence and the effect of treatment variable interaction on the learning achievement of the subject of Sociology Education on the students of S1 FIP UNM. The benefit of this research are as follows: (1) theoretical benefit related to the implementation of policy in education, and (2) practical benefit for the implementation of learning acts in class at the educational institutions.

This research used a quasi-experimental design. The design is non-equivalent control group design. The subject of the research are the fourth semester undergraduate students of Curriculum and Educational Technology and Counseling, Educational Faculty, State University of Makassar (UNM). There were 80 students involved in the research and fusther divided into two groups. The collected data were be processed inferentially and statistically using analysis of covariance (ANCOVA) technique of two-ways 2 x 2.

The results of the research showed that (1) there is no difference in the learning results for Sociology Education subject between students who have been treated with internet web centric course-based learning model and students who apply conventional learning model, (2) there is a significant difference in the learning results of Sociology Education subject between students who have high self-efficacy capability in using computer and low self-efficacy capability in using computer, (3) There is no interaction between learning model and self-efficacy capability in using computer toward learning achievement cognitive goal for sociology of education on the students S1 FIP UNM. The descriptive statistics showed that learning results of the students who have high self-efficacy capability in using computer (87.35 on the average) have better influence than the students who have low self-efficacy capability in using computer (82.50 on the average).

Even though the learning model in the research has insignificant influence on the learning results, it is suggested that the lecturers pay more attention on the supporting factors and learning condition such as motivation, discipline, learning styles, skills in mastering computer, the available facilitie s, skills in managing the internet-based learning and so on. Therefore, the lecturers will be able to empower the students, the available facilities and learning sources, as maximum as possible, in order to improve the learning achievement of the students.