DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Membaca Gambar, Pemahaman Teori Dan Bakat Mekanik Terhadap Kompetensi Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan Di SMK CANDA BHIRAWA Kediri. (Tesis)

Saptatuhu Mardinugroho

Abstrak


Mardinugroho, Saptatuhu. 2009. Pengaruh Latihan Membaca Gambar, Pemahaman Teori Dan Bakat Mekanik Terhadap Kompetensi Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan Di SMK CANDA BHIRAWA Kediri. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Hakkun Elmunsyah, M.T.

 

Kata Kunci: membaca gambar, bakat mekanik, kompetensi pemasangan

 

Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang seringkali mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan pemasangan instalasi listrik penerangan akibat kurangnya kemampuan membaca gambar instalasi listrik. Untuk itu penulis mengangkat tema dalam penelitian ini berupa Pengaruh Latihan Membaca Gambar, Pemahaman Teori dan Bakat Mekanik terhadap Kompetensi Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan latihan membaca gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan penekanan pamahaman teori instalasi listrik terhadap kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan, (2) perbedaan kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan pada kelompok siswa dengan bakat mekanik rendah, bakat mekanik sedang dan bakat mekanik tinggi, (3) interaksi antara setrategi pembelajaran dan bakat mekanik terhadap kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan.

            Adapun yang menjadi sampel dalam hal ini adalah siswa SMK CANDA BHIRAWA Kediri kelas X Teknik Pemanfaatan Energi Listrik 3 dan kelas X Teknik Pemanfaatan Energi Listrik 4 ,tahun ajaran 2008/2009. Penelitian eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Data yang dimaksud adalah nilai kompetensi siswa tentang pemasangan instalasi listrik penerangan dan hasil tes bakat mekanik. Setelah data terkumpul selanjutnta data dianalisa menggunakan anova dua jalur.

Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan latihan membaca gambar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pemahaman teori instalasi listrik penerangan, (2) terdapat perbedaan terhadap hasil belajar pada siswa kelompok bakat mekanik rendah, bakat mekanik sedang dan bakat mekanik tinggi, (3) ada interaksi antara setrategi pembelajaran dan bakat mekanik terhadap nilai hasil kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis dapat memberi saran antara lain: (1) guru praktek instalasi listrik penerangan perlu lebih menguasai strategi pembelajaran sehingga proses pembelajaran bisa optimal, (2) sekolah hendaknya mengadakan tes bakat mekanik bagi siswa baru karena tes bakat mekanik berkaitan dengan kemampuan praktek siswa dan mampu memberikan kontribusi yang tinggi terhadap kompetensi siswa, (3) jika sekolah belum mampu menyelenggarakan tes bakat mekanik maka sebaiknya mengadakan kerjasama dengan lembaga psikologi dalam pelaksanaan tes bakat mekanik kepada siswa.

ABSTRACT

 

Mardinugroho, Saptatuhu. 2009. The Influence of Practice in Reading a Picture, Understanding Theory, and Mechanical Talent on Competence in Illumination Installation at the Vocational School of SMK CANDA BHIRAWA Kediri. Thesis, Master of Vocational Technology Department, Postgraduate Program of State University of Malang. Supervisors: (I) Dr. Syaad Patmanthara, M.Pd, (II) Hakkun Elmunsyah, M.T.

 

Keywords: reading picture, mechanical talent, competence in installing

 

            Background of this research was based on the fact that few students frequently have difficulties in illumination installation due to lack capability in reading electric installation picture. Therefore, the writer took the title of the Influence of Practice in Reading a Picture, Understanding Theory, and Mechanical Talent on Competence in Illumination Installation as theme in this research. Objectives of the research are to find out: (1) different result in learning on the group of students who were taught to have practice in reading picture and group of students who were taught by emphasizing the understanding on theory of electric installation toward competence in illumination installation, (2) different competence in illumination installation for group of students who have lower, medium, and higher mechanical talents, (3) interaction between learning strategy and mechanical talent on competence in illumination installation.

            Samples of the research are the tenth grade students of the Vocational School of SMK CANDA BHIRAWA Kediri, Department of Electric Power Utilization 3 and 4 in the academic year of 2008/2009. This experimental research used quantitative approach. Data of the research is the measurement result on variables that operated using instrument. The related data is the competence grades of the students in illumination installation and testing result on mechanical talent. The collected data will be analyzed using two-ways anova.

            Results of the research show: (1) significant difference between students who attend practice of reading picture and students who attend learning by understanding illumination installation theory; (2) different result of learning between group of students who have lower, medium, and higher mechanical talents; (3) interaction between learning strategy and mechanical talent on competence grades of the students in illumination installation.

            Based on result of the research, the researcher suggests to: (1) the apprentice teachers of the illumination installation to be more mastering the learning strategy, so that the learning process will be optimal; (2) the school should hold mechanical talent test for the new students due to the mechanical talent test related to the practical capability of the students and it will be able to give higher contribution on the student's competence; (3) if the school has not been able to hold mechanical talent test, it should cooperate with the psychological institution in implementing the mechanical talent test.