DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD vs Konvensional dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X SMAN I Malang. (Disertasi)

Umi Machmudah

Abstrak


Machmudah, Umi. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD vs Konvensional dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X SMAN I Malang. Disertasi (tidak dipublikasikan), Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (II) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A., (III) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd

 

Kata kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif, motivasi berprestasi, hasil belajar bahasa Arab

Pebelajar bahasa Arab di SMAN 1 kemampuannya sangat beragam. Dalam belajar bahasa asing dibutuhkan suasana belajar atau lingkungan yang dapat mendukung tercapainya hasil belajar yang maksimal. Sementara metode pembelajaran kooperatif model STAD belum banyak diterapkan di SMAN yang mengajarkan bahasa Arab, padahal metode ini dapat meningkatkan hasil belajar bahasa termasuk bahasa arab, karena dengan metode ini siswa yang memiliki kemampuan rendah akan terdorong untuk aktif belajar, dan siswa yang berkemampuan tinggi semakin meningkat kemampuannya.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji efektifitas dua metode pembelajaran koperatif model STAD dan pembelajaran konvensional yang berbeda dalam pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di SMAN I Malang, 2) menguji perbedaan hasil belajar bahasa Arab siswa SMAN I Malang antara siswa yang memiliki motoivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, 3) menguji pengaruh interaksi antara penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa SMAN I Malang

Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, dilakukan penelitian kuasi eksperimen pada pebelajar kelas X SMAN I Malang tahun pelajaran 2009/ 2010. Eksperimen menggunakan rancangan dua faktor dengan versi desain faktorial non-ekuivalen control group. Dengan teknik random, terpilih X2 dan X4 sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan metode pembelajaran kooperatif model STAD dan kelas X3 dan X5 sebagai kelompok kontrol yang difasilitasi dengan metode konvensional.

Data hasil belajar bahasa Arab dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar bahasa Arab dalam berbagai macam tes, yakni bentuk menjodohkan, pilihan ganda, isian, menyusun kalimat yang terdiri dari 40 item. sepuluh item pertama berbentuk tes pilihan asosiatif dengan indeks relabilitas alpha cronbach = 0, 891; lima item kedua berbentuk tes pilihan ganda dengan indeks relabilitas alpha cronbach = 0,773; sepuluh item ketiga berbentuk tes melengkapi dengan indeks relabilitas alpha cronbach = 0,947; lima item keempat berbentuk tes membuat kalimat dengan indeks alpha cronbach = 0,774; lima item kelima berbentuk tes menyusun kata-kata dengan indeks alpha cronbach = 0,775; lima item keenam berbentuk tes isian dengan indeks alpha cronach = 0,819;Data motivasi berprestasi diukur dengan menggunakan kuesioner motivasi berprestasi yang dikembangkan oleh Robinson (1961) yang telah diadaptasi oleh Degeng (1991). Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis varians faktorial 2 x 2 dengan bantuan program SPSS 13,0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,05.

Berdasarkan analisis data, ditemukan hasil-hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelompok siswa yang belajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD (PKs) dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode pembelajaran konvensional (PKv) ( F = 76,130; p = 0,000 ). Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (MBt) dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (MBr) ( F = 107,576; p = 0,000 ). Ketiga, terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran kooperatif model STAD dan konvensional dan tingkat motivasi berprestasi (tinggi dan rendah) terhadap perolehan hasil belajar bahasa Arab ( F = 10,100; p = 0,002 )

Berdasarkan temuan-temuan penelitian, diajukan saran-saran sebagai berikut: (1) perbaikan mutu pembelajaran bahasa Arab khususnya pada siswa SMAN dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif di kelas, (2) metode pembelajaran yang diteliti dalam penelitian ini hanya terbatas pada keberadaan bahasa Arab yang sifatnya sebagai materi integrated artinya keempat ketrampilan bahasanya diajarkan secara terintegrasi, tidak berdiri sendiri-sendiri sebagai mata pelajaran yang terpisah. Karena itu untuk mendapat hasil penelitian yang akurat disarankan untuk meneliti dan membandingkan beberapa metode yang dikenal selama ini pada masing-masing ketrampilan bahasa, sehingga guru dapat memilih metode pembelajaran yang tepat, yang dapat meningkatkan hasil belajar, (3) variabel-variabel moderator (selain motivasi berprestasi) yang diduga juga berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa arab, disarankan untuk diadakan penelitian lebih lanjut dan dikombinasikan dengan metode pembelajaran kooperatif, sehingga akan diperoleh suatu strategi pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab, khususnya untuk siswa SMAN, (4) untuk menguji keefektifan metode pembelajaran kooperatif model STAD dan konvensional, perlu dilakukan penelitian dengan: a) melibatkan variable -variabel kemampuan yang lain, misalnya kemampuan berpikir kritis, kemampuan awal, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan berkolaborasi, kemampuan memecahkan masalah, dan yang lainnya, b) memperpanjang durasi perlakuan untuk melihat lebih cermat proses peningkatan kemampuan dalam rentang waktu yang lebih lama, dan jika mungkin dipertimbangkan untuk dilakukan juga penelitian kualitatif atau penelitian tindakan kelas.

 

ABSTRACT

 

Machmudah, Umi. 2010. Influence of Cooperative Learning Method STAD Model vs Conventional and Achievement Motivation on Arabic Performance of the Tenth Year Students of SMAN I Malang.

Dissertation (unpublished), Program Study of Learning Technology, Postgraduate Program, State University of Malang, Advisors: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A., (III) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd.

 

Keywords: Cooperative Learning Method, achievement motivation, Arabic performance

            The ability of Arabic learners in SMAN 1 Malang is various. In learning foreign language, we need learning atmosphere or environment that can help us to achieve maximal performance. In SMAN 1 Malang, STAD model of cooperative learning method has not been applied much in teaching Arabic, whereas this method can improve language performance, including Arabic, because by using this method low-achieved students will be motivated to learn actively, and high-achieved students can improve their ability.

            This research aims to: 1) find out the effectiveness of two different methods cooperative learning method STAD model and conventional in learning Arabic in SMAN 1 Malang, 2) find out the difference of Arabic performance between high-motivated students and low-motivated students, 3) find out the influence of the interaction between the application of STAD model of cooperative learning method and the level of achievement motivation on the Arabic performance of SMAN 1 Malang students.

            To reach the research objectives, the researcher used quasi-experiment to the tenth year (class X) students of SMAN 1 Malang in academic year 2009/2010. The experiment used design of two factors with factorial non-equivalent control group version. Using random technique, X2 and X4 were selected as experimental group treated with STAD model of cooperative learning method and X3 and X5 as control group facilitated with conventional cooperative method.

            The data of Arabic performance were collected using various tests of Arabic performance, namely matching, multiple choice, completion, and sentence construction, consisting of 40 items. The first 10 items are in the form of associative choice test with alpha cronbach reliability index = 0.891; the second 5 items are multiple choice test with alpha cronbach reliability index = 0.773; the third 10 items are completion test with alpha cronbach reliability index = 0.947; the fourth 5 items are sentence construction test with alpha cronbach reliability index = 0.774; the fifth 5 items are word order test with alpha cronbach reliability index = 0.775; the sixth 5 items are completion test with alpha cronbach reliability index = 0.819. The data of achievement motivation were measured using questionnaire of achievement motivation proposed by Robinson (1961) adapted by Degeng (1991). Data were analyzed using descriptive statistics and factorial 2 x 2 variant analysis with the assistance of Program SPPS 13.0 for windows. The hypothesis was tested in the level of significance 0.05.

            Based on the data analysis, the research findings are as follows. The first, there is a difference of Arabic performance between the students learning with STAD model of cooperative learning method (PKs) and the students learning with conventional learning method (PKv) (F = 76.130; p = 0.000). The second, there is a difference of Arabic performance between high-motivated students (MBt) and low-motivated students (MBr) (F = 107.576; p = 0.000). The third, there is an influence of the interaction between STAD model and conventional learning methods and the level of achievement motivation (high and low) on the Arabic performance (F = 10.100; p = 0.002).

            Based on the findings, suggestions are given as follows: (1) the improvement of Arabic learning quality, especially for SMAN students, can be achieved by using cooperative learning method, (2) the learning method studied in this research is only limited on the Arabic as integrated material, meaning that all four skills are taught integrally, not separately as different courses, therefore, to get accurate research findings, it is suggested to study and compare some methods for each skill so that the teachers can choose the most appropriate method that can improve the performance, (3) moderator variable (besides achievement motivation) that is predicted as influential factor in learning Arabic is suggested to be studied further and combined with cooperative learning method so that an appropriate learning strategy will be found to improve Arabic learning quality, specifically for SMAN students, (4) to find out the effectiveness of STAD model and conventional learning methods, it is necessary to conduct a research by; a) including other ability variables, such as critical thinking ability, initial ability, decision making ability, collaboration ability, problem solving ability, etc, b) lengthen the treatment duration to find more accurately the process of improvement, and if possible it is suggested to conduct qualitative research or classroom action research.