DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks Geografi pada Standar Kompetensi ”Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup” SMA/MA Kelas XI Semester II Model Dick and Carey. (Tesis)

Syafril Syafril

Abstrak


Syafril, 2010. Pengembangan Buku Teks Geografi pada Standar Kompetensi "Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup" SMA/MA Kelas XI Semester II Model Dick and Carey. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Salladien, (II) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, buku teks, geografi, model Dick dan Carey.

Selama ini keberadaan buku teks sangat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Bagi guru, buku teks merupakan sumber informasi yang dijadikan sebagai pedoman untuk mengajar. Bagi siswa, buku teks merupakan salah satu sumber belajar utama yang dapat meningkatkan kemampuannya memahami bidang studi tertentu. Namun demikian, kenyataan di lapangan buku teks yang beredar di pasaran dan telah menjadi pegangan "wajib" siswa dan guru justru ditemukan adanya permasalahan.

Minimal ada tiga masalah mendasar yang berhubungan dengan buku teks, yakni; kebenaran kebahasaan, kebenaran isi/materi, dan kemenarikan penyajian. Salah satu jenis buku teks yang telah dinilai bermasalah adalah buku teks geografi (BTG) untuk siswa SMA/MA. Buku teks geografi ditulis dengan tanpa memper-hatikan hakekat ilmu geografi. Tentu saja, permasalahan tersebut harus segera ditemukan solusinya supaya isi buku geografi tidak terkesan menjadi "bunga rampai" dari ilmu bantu geografi.

Metode penelitian yang digunakan untuk penyelesaian permasalahan tersebut adalah penelitian pengembangan dengan penerapan model Dick and Carey. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan cara memodifikasi langkah Dick and Carey, yakni dari sepuluh langkah menjadi lima langkah. Penyederhanaan tersebut dilakukan karena disesuaikan dengan konteks per-kembangan kebijakan pendidikan di Indonesia. Tempat pelaksanaan uji coba produk di Madrasah Aliyah Negeri I Mataram-Nusa Tenggara Barat dengan jumlah responden untuk uji coba kelompok kecil 9 orang dan untuk uji coba lapangan 30 orang. Alat atau instrumen pengumpul datanya adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dan pengembangan ini ditemukan bahwa uji coba kelompok kecil diperoleh skor angket 555 dari 720 skor ideal kriterium atau 77,08% dari yang diharapkan 100%) hasil uji coba lapangan diperoleh skor angket 1.928 dari 2.400 skor ideal kriterium atau 80,33% dari yang diharapkan 100%.

Hasil uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa produk yang dikem-bangkan telah efektif dan valid berdasarkan aspek bahasa, isi/materi, dan penyaji-an. Dengan demikian buku teks geografi yang dikembangkan telah sesuai dengan hakekat ilmu geografi, memenuhi kriteria kebenaran bahasa, dan tersaji dengan sajian yang relevan serta telah layak untuk diproduk dan digunakan untuk siswa dan guru pada proses belajar dan mengajar.

Untuk penggunaannya disusun suatu saran pemanfaatan buku teks geografi baik bagi guru maupun siswa; 1) guru harus memperhatikan petunjuk penggunaannya pada bagian awal dari buku ini, 2) siswa harus membaca lembara depan setelah background yakni "cara cerdas memahami isi buku teks", 3) siswa dan guru dalam memahami isi buku lebih difokuskan membaca materi yang berkaitan langsung dengan indikator, sedangkan materi lainnya sebagai pen-dalaman dari materi utama, 4) siswa, jika mengalami kesulitan memahami kosa kata asing maka sebaiknya siswa memperhatikan kolom definisi istilah, 5) siswa dan guru yang ingin mendalami materi lebih dalam, pada beberapa bagian isi buku telah dicantumkan alamat website yang bisa dikunjungi dan langsung ber-hubungan dengan materi yang disajikan, dan 6) siswa dan guru, untuk memahami gambar dengan jelas perhatikan kolom penjelasan pada masing-masing gambar-/foto. Dengan demikian diharapkan guru dan siswa dapat memanfaatkan buku teks geografi dengan efektif dan mudah.

 

ABSTRACT

 

Syafril, 2010. Developing Geographic Textbook in Competence Standard of "Analyzing the Utilization and Preservation of Nature" using Dick and Carey Model for 2nd Semester of Grade XI of SMA/MA. Thesis of Geographic Education Departement, Postgraduate Program, State University of Malang. Supervisor: (I) Prof. Dr. Salladien, (II) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd

 

Keywords: developing, textbook, geographic, Dick and Carey model

Up until now, the presence of textbooks has been very helpful in the process of teaching and learning. For teachers, textbooks are source of information used as teaching guidance. For students, textbooks are one of learning sources in understanding a subject. However, in real life, there are problems found in those textbooks that have been circulated and become "a must" for teachers and students.

There are at least three basic problems related to the textbooks, i.e. language validity, content/material validity, and interesting design. One of those problematic textbooks is geographic textbooks (BTG) for SMA/MA students. Geographic textbooks were written without paying respect to the essence of geographic. This problem should be solved immediately to eliminate the impression of being "a potpourri" of geographic.

Research method used to solve this problem is developmental research using Dick and Carey model. Research and development is implemented by modifying Dick and Carey's steps; from ten to five steps. This simplification is done in an adjustment to the education policies of Indonesia. The trial development took place in Madrasah Aliyah Negeri I in Mataram, West Nusa Tenggara, with 9 small group respondents and 30 field group respondents. The instruments used in data collection were questionnaire, documentation and interviews. Results show that small groups trial obtained questionnaire score 555 from criterium ideal score of 720 or 77.08% from the expected 100%, while field trial obtained questionnaire score of 1,928 from criterium ideal score of 2,400 or 80.33% from the expected 100%.

Results from trial for students suggested that the developed products are effective and valid in the aspect of language, content/material, and the design. Therefore, this developed geographic textbook is appropriate according to the essence of geographic, met the criteria of language validity, and presented relevantly as well as proper to be produced and used for teachers and students in teaching and learning process.

It is suggested for teacher and students to utilize it orderly: 1) teacher should pay attention to the guidance in the first part of the book; 2) students should read the pages after background, i.e. "smart way to understand the content"; 3) students along with the teachers should focus on reading material which is directly connected to the indicators while using other materials as an in depth supplementary; 4) student should read glossary when finding a hard vocabulary; 5) students and teacher who want to learn the material further could visit website addresses added in the book which is directly connected to the presented material; and 6) students and teacher should pay attention to the explanatory column below a picture to understand the picture better. For that reasons, it is expected that students and teachers could use the geographic textbooks easily and effectively.