DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Panel Hidrolik Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Hidrolik Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Alat Berat SMK Negeri 1 Singosari. (Tesis)

Sunawi Sunawi

Abstrak


Sunawi, 2010. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Panel Hidrolik Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Hidrolik Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Alat Berat SMK Negeri 1 Singosari. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Waras Kamdi, M.Pd, (II) Dr. Syarief Suhartadi, M.Pd.

 

Kata-kata Kunci: media pembelajaran, motivasi berprestasi, hasil belajar

Hasil belajar hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh guru kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Fakta di lapangan menunjukkan kurang optimalnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran dan pemahaman terhadap motivasi berprestasi siswa atau potensi siswa sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran panel terpisah, panel utuh dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar sistem hidrolik di SMK Negeri 1 Singosari. Ada 3 hal yang dieksperimenkan, yaitu (1) pengaruh yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran panel terpisah dan panel utuh; (2) pengaruh yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa motivasi berprestasi rendah; (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa ada pengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis dalam bentuk tes objektif. Data yang dimaksud adalah hasil belajar sistem hidrolik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan dengan analisis ANOVA dua jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran panel terpisah dan media pembelajaran panel utuh; (2) ada pengaruh terhadap hasil belajar, antara kelompok siswa yang motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang motivasi berprestasi rendah; (3) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran panel dan motivasi berprestasi yang berpengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik .

             Berdasarkan hal tersebut, guru perlu mengusai penggunaan media pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran, dapat memaksimalkan informasi yang disampaikan kepada siswa, SMK hendaknya lebih inovatif dan variatif dalam pembuatan media pembelajaran, perlunya pemenuhan kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran oleh pihak terkait.

 

ABSTRACT

 

Sunawi, 2010. The Effect of Hydraulic Panel Learning Media on Learning Result of Hydraulic Lesson Achieved by The Student Class XI of Program Heavy Tool Engineering Program, SMK Negeri 1 Singosari, Thesis, Study Program of Vocational Education, Postgraduate Program of Malang State University. Supervisor: Waras Kamdi. Co-supervisor: Syarief Suhartadi.

 

Keywords: learning media, achievement motivation, learning result

The learning result is always being an orientation for each implementation of learning process. The essence of learning process is delivering the information through experience given by teacher to the educator to pursue for the effective learning objective. The fact in the field, however, reveals the less optimum capability of teachers to conduct the learning process, particularly when they use the learning and understanding media to develop the motivation or potential of educated participant as a factor to affect learning result.

Research is aimed at understanding the Effect of Learning Media, through separated, intact and motivation panels, on Learning Result of Hydraulic Lesson at SMK Negeri 1 Singosari. Three issues are put in an experiment, (1) the significant difference of learning result of hydraulic system between the groups of educated participant with learning media of separated panel and intact panel; (2) the significant difference of learning result of hydraulic system between the groups of educated participant with achievement motivation; and (3) interaction between the use of learning media and achievement motivation with an effect on the learning result of hydraulic system.

The approach used in this research is quantitative approach. Data of research include the result of measurement on the variables operated by using instrument. The instrument used for data collection is written test in form of objective examination. The data questioned are the learning result of hydraulic system. Data are collected by experiment method. Data analysis tool is two-way ANOVA.

Result of research indicates that (1) the significant difference is evident for the learning result of hydraulic system between groups of educated participant using learning media of separated panel and intact panel; (2) the significant difference is found for the learning result of hydraulic system between the groups of educated participant using achievement motivation; and (3) the interaction is absent between the use of learning media and achievement motivation with its effect on the learning result of hydraulic system.

Teachers need to empower the use of learning media in the learning process and to maximize the information released to the educated participant. SMK must be more innovative and variant in the learning media preparation. It is necessary to meet the learning media demand based on the learning objective.