DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan kemandirian, Motivasi dan Ketersediaan Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri Candipuro – Lumajang. (Tesis)

Muchammad Fatoni

Abstrak


Muchammad Fatoni, 2010. Hubungan kemandirian, Motivasi dan Ketersediaan Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri Candipuro - Lumajang, Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:( I ) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E, ( II ) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.

Kata Kunci   : Kemandirian belajar, Motivasi Belajar, Ketersediaan Sumber Belajar dan Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi.

Hasil belajar ekonomi di pengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya berhubungan dengan sejumlah karakteristik belajar siswa seperti kemandirian belajar, motivasi belajar, dan ketersediaan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar; (2) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar; (3) hubungan antara sumber belajar dengan hasil belajar; (4) hubungan simultan antara kemandirian belajar, motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi.

Penelitian dengan rancangan korelasional ini di laksanakan di SMA Negeri Candipuro-Lumajang, dengan populasi sebanyak 324 siswa dan sampel 179 siswa. Sampel di ambil secara acak atau random. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar (X¹) dengan hasil belajar (Y); (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar (X²) dengan hasil belajar (Y); (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara ketersediaan sumber belajar (X ³) dengan hasil belajar (Y); (4) terdapat hubungan yang positif yang simultan antara kemandirian belajar (X¹), Motivasi Belajar (X²), dan ketersediaan sumber belajar (X³) dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi (Y).

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) Kepala SMA Negeri Candipuro- Lumajang untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi diharapkan dapat menciptakan suasana yang mendukung kemandirian belajar siswa, memotivasi siswa untuk belajar secara mandiri dan menyediakan sumber belajar yang cukup ; (2) Kepada guru ekonomi SMA Negeri Candipuro- Lumajang untuk dapat membimbing siswa agar belajar mandiri, memotivasi siswa dan turut menyediakan sumber belajar siswa agar hasil belajar siswa lebih meningkat; (3) kepada siswa agar dapat belajar mandiri dengan penuh kesadaran, memotivasi dirinya dan menggunakan sumber belajar yang ada; (4) kepada peneliti menyarankan agar dapat meneliti kasus sejenis dengan wilayah populasi yang lebih besar serta dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

ABSTRACT

Muchamad Fatoni, 2010. The relation individually, motivation, and available source of study with the result of study of student in economy subject at SMA Negeri Candipuro-Lumajang. Thesis, Program Study Economy Education, Program Pascasarjana Post graduate Universitas Negeri Malang. Advisor (1) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., (II) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.

Key word      : Individually study, motivation study, available source of study and the result of study of economy subject.

The result of study in economy subject is influenced by many factors it relations with as much as characteristic study of students like individually study, motivation study and available source of study. This research aim to know: (1) the relation between individually study with the result of study; (2) the relation between motivation study with the result of study; (3) the relation between the source of study with the result of study; (4) the simultaneous relation between individually study, motivation study, and available source of study with the result of study of economy subject.

The result of research show that: (1) there is a significant positive relation between individually study (X¹) with the result of study (Y): (2) there is a significant positive relation between motivation study (X²) with the result of study (Y): (3) there is a significant positive relation between available source of study (X³) with the result of study (Y): (4) there is a simultaneous positive relation between individually study (X¹), motivation study (X²) and available source of study (X³) with the result of study of economy (Y).

Based on the result of research can be shown suggestions (1) the leader SMA Negeri Candipuro-Lumajang to improve the result of study of economy subject, hopes that can create a good situation that support for students in individually study, to motivate students to study individual and preparing source of study; (2) for economy teacher SMA Negeri Candipuro-Lumajang, can lead the student to study individual, to motivivate students and also preparing the source of study for students so can improve the result of study; (3) for students hopes that can study individual in a ware, to motivate themselves and use the source of study; (4) for other researcher, suggest to do research in the same case with more populations and can uncover more problems and give the significant and advantage the result of study for society.