DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Purwarupa Buku Elektronik Modul Tutorial Microsoft Excel Setengah Layar pada Mata-kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. (Tesis)

Achmad Ali Wafa

Abstrak


Wafa, Achmad Ali. 2010. Pengembangan Model Purwarupa Buku Elektronik Modul Tutorial Microsoft Excel Setengah Layar pada Mata-kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA, (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed.

 

Kata Kunci: buku elektronik, Microsoft Excel, setengah layar, modul tutorial.

            Sekarang ini pembelajaran berdasarkan komputer sudah ada di mana-mana, dan dalam upaya membekali pengetahuan dan keterampilan menggunakan komputer untuk memenuhi kebutuhan dasar, dirasakan perlunya pengadaan bahan ajar yang sesuai dengan lingkungan pembelajarannya. Pengadaan buku elektronik merupakan pilihan yang efisien dan mempunyai daya tarik. Di jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan FE UM kebutuhan itu sangat dirasakan karena banyaknya kelas praktikum mata kuliah TIK setiap tahunnya. Permasalahannya adalah belum pernah ada buku elektronik semacam itu, padahal sebenarnya dibutuhkan. Di samping itu memang ada kelangkaan bahan cetak dan perlunya revisi bahan yang biasanya dipergunakan sebagai panduan praktikum. Atas dasar pertimbangan di atas, maka disini dicoba membuat buku elektronik sederhana yang unik berupa modul tutorial setengah layar sebagai upaya rintisan yang bertujuan untuk mengembangkan buku elektronik yang sesuai dengan prioritas kebutuhan, dan mencoba mengetahui tanggapan mahasiswa yang sudah mencoba menggunakannya.

            Berdasarkan pengalaman sebagai instruktur praktik komputer, dari peng-gunaan paket Microsoft Office, Microsoft Excel merupakan pilihan bahan yang akan dijadikan buku elektronik dalam bentuk semacam modul tutorial, karena dibanding yang lain materinya adalah yang paling kurang dikuasai oleh pembelajar, karena memerlukan tingkat pemahaman yang harus disertai lebih banyak latihan. Landasan yang digunakan adalah first principles of instruction dari M. David Merrill yang menggunakan tahap-tahap pembelajaran mulai dari aktivasi, demonstrasi, aplikasi dan integrasi. Untuk itu agar dapat mempelajari sambil mempraktikkannya tanpa mengganggu perhatian pembelajar, lalu dipilih format buku elektronik setengah layar (split-screen) yang landasannya adalah beberapa pendapat dan hasil temuan yang antara lain berdasarkan salah satu prinsip multimedia (split-attention effect), dan yang bersumber pada prinsip holistik dari hukum Gestalt. Sedangkan alasan format horisontal adalah karena untuk pembelajaran dan latihan pada Microsoft Excel, tampaknya akan lebih banyak diperlukan kolom daripada baris. Aplikasi Microsoft Word yang sudah dikenal banyak orang digunakan sebagai aplikasi penyuntingan ditambah dengan aplikasi PaintShop, dan aplikasi kompilasi buku elektronik SiteIn-File untuk membentuknya menjadi format setengah layar.

            Uji coba dan penilaian formatif dengan menggunakan instrumen evaluasi terhadap produk purwarupa yang bermedia kepingan CD ini melibatkan beberapa lapisan kelompok uji coba, yaitu dari orang yang ditunjuk sebagai orang yang pantas memberikan pertimbangan dan penilaian dalam hal desain materi dan tampilan layar (dengan lembar evaluasi komponen), perseorangan (evaluasi dengan lembar pertanyaan jawaban terbuka), kelompok kecil (evaluasi dengan lembar pertanyaan jawaban terbuka), dan kelompok besar (evaluasi dengan lembar kuesioner pilihan jawaban empat opsi, dan juga jawaban bebas atas beberapa pertanyaan).

            Dari hasil kegiatan uji coba setelah sampai pada kelompok besar (opsi tertutup), pendapat yang tergolong positif (setuju dan sangat setuju) tentang penggunaan model buku elektronik setengah layar dilihat dari berbagai segi, telah mencapai lebih dari 70%, dan sesuai dengan kriteria, pada dasarnya tidak lagi diperlukan revisi. Revisi yang dilakukan setelahnya adalah untuk menanggapi tanggapan kelompok besar (opsi terbuka) yang menyarankan adanya perbaikan tampilannya di layar monitor, perubahan penyajian materi yang kurang jelas agar lebih jelas, dan penambahan materi.

            Sebelum didiseminasikan dengan berbagai opsi, dan dipakai di luar lingkungan pembelajaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, dipandang perlu untuk dimantapkan terlebih dahulu dengan uji coba pada kelas-kelas praktikum berbasis komputer di jurusan-jurusan lain di dalam lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan dikaji lebih lanjut untuk melengkapinya dengan melibatkan lebih banyak pihak.

 

Wafa, Achmad Ali. 2010. The Prototype Development of Split Screen E-Book Model of Tutorial Module of Microsoft Excel on Information and Communication Technology Subject at Pembangunan Economic Department of Economic Faculty of State University of Malang. Thesis.

 

Key words: electronic book, Microsoft Excel, split-screen, tutorial module.

            Nowadays learning based on computer can be found everywhere, and in the effort to provide knowledge and skill in using computer for fulfilling primary needs, it necessarily needs acquisition of teaching material which is suitable with the learning environment. The acquisition of electronic book is considered as the efficient choice as it has appeal. At Economic department and Development Study of Economic Faculty of State University of Malang, those needs are really felt because there are so many practical work classes of Technology of Information and Communication subject every year. In fact, there is still no such electronic book whereas it is really needed. Besides, there are scarcity of printing material and necessity of material revision which is usually used as practical work guide. On the basis of consideration above, the writer makes the simple electronic book which is unique in the form of tutorial module of split screen as the pioneer effort in order to develop electronic book that is suitable with priority of need and to find out the opinions of university students who have already operated it.

            Based on experience as the instuctor of computer practice, from using package of Microsoft Office, Microsoft Excel is the material choice which will be the electronic book in the form of such tutorial module, because if it is compared to others, the material is the least mastered by learners as it needs much comprehension which comes together with more practice. The basis used is first principles of instruction by M. David Merrill which applies steps of learning started from activation, demonstration, application, and integration. For that reason, in order to learn and practice at the same time without disrupting learners' attention, the format of split-screen electronic book has been choosen which the bases are from some opinions and findings based on one of multimedia principles (split-attention effect) taken from holistic principle and Gestal law as the sources. Whereas the reason of horizontal format is for learning and practicing on Microsoft Excel and it seems that there will be more columns instead of rows. The application of Microsoft Word which has been known by a lot of people and used as redaction application added with the applications of PaintShop and electronic book compilation, SiteIn-File, are all converted into split-screen format.

            Testing and formative assessment by using evaluation instrument on prototype product which is represented in the form of compact disc involve some stages of testing group, they are assigned people who deserve to give consideration and assessment on material design and screen feature (with sheet of component evaluation), individual (evaluation with question sheet of open answer), small group (evaluation with question sheet of open answer), and big group (evaluation with questionnaire sheet of four options answer choice, and also free answer for some questions).

            From the result of testing activity, after getting to big group (close option), the opinions which are categorized as positive (agree and very agree) about the use of electronic book model of split-screen seen from various sides, has reached more than 70%, and been suitable with the criteria, basically do not need any revisions. Revision done after that is to respond response of big group (open option) that suggests the improvement of the display on monitor screen, alteration of material presentation which is unclear to clearer, and addition of materials.

            Before disseminated with various options, and used outside the learning environment at Economic Faculty of State University of Malang, it is necessary to be developed first by testing in practical work classes which are computer based in the other departments inside the learning environment at Economic Faculty of State University of Malang and examined in advance to complete it by involving more others.