DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Teori Graph untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. (Tesis)

Sikky El Walida

Abstrak


Walida, Sikky El. 2010. Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Teori Graph untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D., (II) Drs. Muchtar Abdul Karim, M.A.

 

Keywords: Multimedia Interaktif, media audio-visual, Teori Graph.

Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Teori Graph dapat dilakukan dengan bahan ajar yang dapat mendukung mahasiswa dalam memahami graph melalui media audio-visual. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk Multimedia Interaktif dalam rangka meningkatkan pencapaian hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teori Graph.

Pemilihan model pengembangan bahan ajar Dick dan Carey dalam penelitian ini didasarkan atas pertimbangan bahwa model ini dikembangkan secara sistematis berdasarkan landasan teoritis desain pembelajaran. Prosedur pengembangan dalam pengembangan bahan ajar ini terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) menentukan mata kuliah yang akan dikembangkan, (2) mengidentifikasi silabusnya, (3) mengembangkan bahan ajar, dan (4) mendesain dan melakukan evaluasi formatif.

Data yang telah dikumpulkan melalui serangkaian evaluasi formatif dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu: (1) dua data dari evaluasi pertama berupa data hasil review ahli materi dan ahli media, (2) dua data dari evaluasi tahap kedua berupa data hasil review uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, dan (3) dua data dari hasil uji lapangan berupa data hasil review dan data hasil tes mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara berstruktur, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif.

Setelah dikonversikan dengan tingkat validitas, ahli materi menilai bahwa bahan ajar ini termasuk dalam kriteria baik, sedangkan menurut penilaian ahli media, bahan ajar ini termasuk dalam kriteria sangat baik. Persentase keseluruhan angket pada uji coba kelompok kecil menunjukkan rerata 78,30%, yang berarti bahwa bahan ajar berada dalam kriteria baik. Rerata persentase angket penilaian mahasiswa terhadap bahan ajar dalam uji coba lapangan adalah 77,65%. Setelah dikonversikan dengan tabel tingkat validitas menunjukkan bahwa bahan ajar ini berada dalam kriteria baik.

Setelah melalui serangkaian uji coba, menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan ini layak digunakan dalam mata kuliah Teori Graph. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar mahasiswa sebelum pembelajaran (pretes) dengan skor rata-rata 61,31 dan sesudah pembelajaran (postes) dengan skor rata-rata 85,31, dimana ada kenaikan perolehan skor sebesar 24,00. Dengan demikian, produk bahan ajar yang dihasilkan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.

 

ABSTRACT

 

Walida, Sikky El. 2010. A Development of Interactive Multimedia Learning on Graph Theory for Digital-Based Mathematical Learning. Thesis. Dept. of Math Education, Post Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D, (II) Drs. Muchtar Abdul Karim, M.A.

 

Keywords: Interactive Multimedia, audio-visual media, Graph Theory.

One of the ways to improve the learning quality on Graph Theory can be done by providing some good materials. The objective of this research and development is to develop the learning materials in an interactive multimedia, aimed at increasing the performance of students learning especially on Graph Theory.

The research and development model by Dick and Carey is adopted for its theoretical-based systematic design. The research's procedure consists of four stages, i.e. (1) deciding the materials to develop, (2) identify the syllabi, (3) develop the material, and 4) design and conduct a formative evaluation.

The data collected through three stages, were are follows: (1) two groups of data taken from the first evaluation, i.e. the data of review from the material and media experts, (2) two groups of data taken from the second evaluation, i.e. the data collected from the review of individual trial and small group trial, and (3) two groups of data taken from the field trial, i.e. the review result and the result of the student tests. The instruments use to collect data are questionnaire, structured interview, and test. The technique of data analysis is qualitative descriptive analysis and statistical descriptive analysis.

Having been converted into validity scale, the material is judged by the material expert to have a good criterion. According to the media expert, the material is included in a very good category. The percentage of the survey for the small group is 78,30%, indicating that the material is categorized to have a good criterion. The mean of student judgment to the material in the field trial as seen from the survey is 77,65%. From the conversion into the validity scale, the material is included in a good criterion.

Undergoing a series of trials, the learning material is properly used as guide in Graph Theory. Moreover, seen from the result of effectiveness, formerly students gained score 61,31 in average, while after they used the learning material, they reached 85,31 in average. The increase score is 24,00. To sum up, the material as the product of the study has contributed significantly to the improvement of the students' achievement.