DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep melalui Strategi Learning Cycle dalam Upaya Membangun Pemahaman Fungsi Kuadrat dan Grafiknya. (Tesis)

Islamijati Setyaningsih

Abstrak


Islamijati Setyaningsih, 2010. Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep melalui Strategi Learning Cycle dalam Upaya Membangun Pemahaman Fungsi Kuadrat dan Grafiknya. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. Edy Bambang Irawan, M.pd, (II) Dr. Makbul Muksar, M.Si

 

Kata Kunci : pembelajaran, peta konsep, learning cycle, fungsi kuadrat dan grafiknya.

            Penelitian ini didasari rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika, khususnya pada materi fungsi kuadrat dan grafiknya. Diduga kuat salah satu penyebabnya adalah pembelajaran masih terpusat pada guru. Bentuk pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa kurang berpeluang untuk mengembangkan kreatifitas berpikirnya. Akibatnya siswa belajar menghafal tanpa mengetahui makna yang dipelajarinya. Keadaan ini merupakan masalah yang perlu dicarikan penyelesaiannya. Salah satu penyelesaiannya yang dianggap tepat adalah menerapkan pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle.

            Masalah penelitian ini adalah, (1) bagaimana pembelajaran menggunakan peta konsep melaui strategi learning cycle dalam upaya membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya, yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Malang terhadap fungsi kuadrat dan grafiknya?, (2) bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle?.

            Tujuan penelitian ini adalah, untuk (1) memperoleh gambaran secara rinci dan mendalam pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap konsep fungsi kuadrat dan grafiknya, (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan peta konsep melaui strategi learning cycle.

             Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenisnya penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan 2 siklus tindakan. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus tindakan I pembelajaran untuk pemahaman konsep fungsi atau pemetaan, pemahaman menggambar grafik fungsi kuadrat dengan bantuan tabel, pemahaman menggambar grafik fungsi kuadrat secara umum, menggambar fungsi kuadrat dengan translasi dan pada siklus tindakan II pembelajaran untuk pemahaman sifat-sifat fungsi kuadrat dan pemahaman konsep membaca grafik fungsi kuadrat dan menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui persamaannya. Adapun indikator keberhasilannya adalah Keaktifan siswa mengajukan pertanyaan, Ketepatan waktu melakukan kegiatan exploration (mengerjakan LKS), interaksi antar siswa dalam bekerja kelompok, kemampuan siswa dalan membuat peta konsep secara individu, ketuntasan hasil belajar klasikal yaitu lebih dari atau sama dengan 85% yang mendapat skor lebih atau sama dengan 7,5 dengan skor maksimum 10.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle bagi Siswa kelas X-2 SMAN 1 Malang dapat membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya. Pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle terdiri dari 8 tahap yaitu: (1) memberikan orientasi tentang pembelajaran; (2) menyampaikan tujuan pembelajaran; (3) memotivasi ; (4) Fase eksplorasi: a).Pengkaitan materi prasya rat dengan materi yang dipelajari. b).Menemukan konsep dan memahaminya. (5) Fase eksplanasi: a).Siswa membuat Peta Konsep b).Siswa mempresentasikan Peta konsep yang siswa buat (6) Fase elaborasi : a).Siswa dengan Siswa berdiskusi membuat peta konsep kelom pok dan mempresentasikanya. b). Menerapkan pema hamnya untuk menyelesaikan soal-soal dalam kehidupan sehari-hari; (7)Guru mengarahkan Siswa untuk membuat kesimpulan; (8) Guru melakukan evaluasi.

 Hasil penelitian dilihat dari hasil observasi, hasil tes akhir siklus, hasil pembuatan peta konsep, dan wawancara. Hasil observasi pada kategori sangat baik yaitu kualitas proses belajar yang tampak keaktifan siswa mengajukan pertanyaan ketika proses belajar berlangsung, keaktifan siswa memberikan tanggapan pertanyaan siswa dan guru, keaktifan siswa terlibat dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas, dan hasil kerja individu maupun kelompok diselesaikan tepat waktu. Dari hasil tes akhir siklus, Sangat memuaskan, yaitu presentase ketuntasan belajar klasikal (TB) sebesar 97,4%, dengan presentase sebesar 97,4% menujukkan bahwa siswa dapat membangun pemahaman fungsi kuarat dan grafiknya. Dari hasil wawancara menujukkan bahwa Siswa dapat membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya dengan pembelajaran menggunakan peta konsep melalui learning cycle. Ditunjukan dengan siswa dapat menjelaskan dengan kata-katanya sendiri apa yang di tulisnya.

 Fakto-faktor penghambat yang peniliti rasakan dalam pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle adalah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan materi fungsi kuadrat dan grafiknya menjadi bertambah.

            Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat dikemukakan dan perlu dipertimbangkan adalah "pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle, merupakan salah satu bentuk pembelajaran alternatif yang dapat digunakan sebagai referensi dalam memilih strategi pembelajaran".

 

ABSTRACK

Islamijati Setyaningsih, 2010. The Instruction of Using Concept Mapping through Learning Cycle Strategy to Build the Understanding of Quadratic Function and its Graphic. Thesis, Department of Mathematics Education, Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd (II) Dr. Makbul Muksar, M.Si

 

Key Words: Learning, concept mapping, learning cycle, quadratic function and its graphic.

            This study is based on the students' low understanding of mathematical concepts, particularly quadratic function and its graphic topic. It is strongly assumed that one of the factors is the teacher-centered instruction. In fact, this typical instruction does not give students opportunities to develop their critical and creative thinking. Accordingly, students learn only by memorizing, without understanding the intended meanings. This circumstance becomes a problem that needs a solution. One of the appropriate solutions is by applying the instruction by using concept mapping through learning cycle strategy.

            The research problems in this study are formulated as follows:(1) how is the instruction by using concept mapping through learning cycle strategy to build the understanding of quadratic function and its graphic, can improve the tenth grade students' understanding of quadratic function and its graphic at SMA Negeri1 Malang? And (2) how is the students' learning outcome after they follow the instruction by using concept mapping through learning cycle strategy?

            The objectives of this study are as follows: (1) to obtain detailed and in-depth description about the instruction by using concept mapping through learning cycle strategy to build the students' understanding of quadratic function and its graphic. (2) to know the students' learning outcomes after they follow the instruction by using concept mapping through learning cycle strategy.

             This study is a classroom action research with a qualitative approach. There are two cycles used in this study. In each cycle, three steps are carried out: planning, action, observation, and reflection. The cycle 1 is intended to teach students to understand function concepts or mapping, drawing quadratic function of graphic through tables, drawing quadratic function of graphic in general, and drawing quadratic function by translation. The cycle 2 is specified to teach students to understand the features of quadratic functions and the concepts of reading quadratic function of graphic and to determine the equation of quadratic function if the equation is given. The indicators of success are (1) students' activeness in asking questions, punctuality in exploration (doing worksheets), interaction among students in group works, abilities to make concept mappings individually, the learning outcomes, that is 85% or more than 85% students get a score of 7.5 with maximum score 10.

The findings show that the instruction by using concept mapping through learning cycle strategy to build the understanding of quadratic function and its graphic, can improve the tenth grade students' understanding of quadratic function and its graphic at SMA Negeri1 Malang. The instruction by using concept mapping through learning cycle strategy consists of eight steps: (1) giving orientation about the instruction; (2) introducing the learning objectives; (3) motivating; (4) exploration: a) relating the previous topics with the new topics; b) finding and understanding concepts; (5) explanation: a) student make concept mapping; b) students present the concept mapping; (6) elaboration: a) students discuss how to make concept mapping in groups and present it to the class; b) students apply their understanding to overcome daily problems; (7) teachers guide students to draw conclusions; (8) teachers conduct evaluations.

The findings are concluded from the results of observations, final tests, creation of concept mapping, and interviews. The observation result shows that the quality of teaching and learning process is very good. Students actively participate in asking questions, giving opinions and ideas, discussing with students in any groups, and finishing individual and group works on time. From the final test, the students' learning outcome is 97.4 % or very satisfactory. This percentage indicates that students can understand of quadratic function and its graphic. The interviews also show that students can understand quadratic function and its graphic by using concept mapping through learning cycle strategy. They can explain what they write in their own words.

 The factor affecting application of concept mapping through learning cycle strategy is the need to add more time to teach the topic about Quadratic Function and its Graphic.

            Based on the research findings, a suggestion is proposed, namely the instruction using concept mapping through learning cycle strategy to build the understanding of quadratic function and its graphic is an alternative to be used to improve students' learning, especially to improve the understanding of quadratic function and its graphic.