DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Kabupaten Aceh Besar Pada Materi Reaksi Redoks. (Tesis)

Bismi Aulia

Abstrak


Aulia, Bismi. 2010. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Kabupaten Aceh Besar Pada Materi Reaksi Redoks. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Drs. H. Suhadi Ibnu, M.A. Ph.D; (2) Dra. Surjani Wonorahardjo. Ph.D

 

Kata kunci: reaksi redoks, kooperatif model Teams Games Tournament (TGT), proses belajar, hasil belajar.

Pendidikan merupakan bagian terpenting demi perkembangan suatu bangsa yang berkualitas. Pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru merupakan salah satu faktor yang menyebabkan belum optimalnya kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa khususnya pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lubuk. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) diharapkan mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar, aktivitas mental sains, dan hasil belajar pada materi reaksi redoks.

Penelitian ini mengunakan rancangan eksperimen semu dan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk sebanyak 2 kelas. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TGT dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen pembelajaran yaitu silabus, RPP, dan instrumen pengukuran yaitu lembar observasi aktivitas belajar, angket aktivitas mental sains, tes hasil belajar dan angket persepsi. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa 30 soal valid dengan reliabilitas 0,98. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan t-test pada taraf signifikan α = 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan materi reaksi redoks pada umumnya termasuk kategori sangat tinggi dan tinggi dalam keterlaksanaan indikator yang ada. (2) kualitas aktivitas mental sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi reaksi redoks menunjukkan siswa telah mampu menerapkan indikator aktivitas mental sains. (3) terdapat perbedaan yang signifikan, antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TGT lebih baik daripada hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dimana skor rerata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen 76,63 dan kelas kontrol 71,91. (4) hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan rerata sangat tinggi dan tinggi dalam keterlaksanaan indikator yang ada. (5) hasil belajar psikomotorik siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan rerata sangat tinggi dalam keterlaksanaan indikator yang ada. (6) persepsi siswa menunjukkan model pembelajaran kooperatif TGT dapat diterima siswa dengan baik (setuju) untuk diterapkan pada materi reaksi redoks.

 

ABSTRACT

 

Aulia, Bismi. 2010. The Effect of Using Cooperative Learning Teams Games Tournament Model (TGT) to Process and Learning Results Student 10th Grade SMA Negeri 1 Lubuk Kabupaten Aceh Besar in Redox Reactions Material. Thesis for Study Program of Master Degree of Chemistry Education, Post Graduate Program of The State University of Malang. Supervisors are: (1) Prof. Drs. H. Suhadi Ibnu, M.A. Ph.D.; (2) Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D.

 

Keywords: redox reactions, cooperative Teams Games Tournament model (TGT), learning process, learning result.            Education is the most important part to create a nation with a quality. Teacher centered learning is one of the factors that causes quality of process and chemistry learning result be not optimal yet, especially for students in Yr. X in SMA Negeri 1 Lubuk. Implementation of cooperative learning of Teams Games Tournament model (type TGT) is expected to increase the quality of the process of learning and the learning result. This research was to know learning process activity, science mental activity, and learning result in redox reaction after the implementation of the model.

This research used a combination of quasi experimental design and descriptive design. Subjects of the research were Yr. 10 students of SMA Negeri 1 Lubuk consisting of two classes. Yr 10-1 as the experimental class which learn using TGT type of cooperative model of learning and Yr. 10-2 as the control class learnt using a conventional learning model. Research instruments that were used consisted of the subject's syllabus, RPP, and measurements instruments, i.e. observation sheet of learning activity, mental science activity questionnaire, test on learning result, and a questionnaire on students perception. Tests on validity and reliability of the instruments indicated that 30 questions were valid with reliability index of 0.98. Research data was analyzed by descriptive analysis and inferential t-test analysis at significance level of 0.05.

The Research result indicated that: (1) The quality of student's learning activity of experimental and control classes could be categorized as high; (2) The quality of student's science mental activity of experimental and control classes in redox material indicated that the student were able to show the indicators of science mental activity; (3) There was significant difference, in student's cognitive learning result between experimental and control classes. That average score was 76.63 for experiment class and 71.91 for the control class; (4) Affective learning result in experimental classes and control classes were generally high; (5) Psychomotor learning results in experiment and control classes were generally high; (6) Student's perception indicated that cooperative learning TGT model was accepted well by students to be applied in redox reaction material.