DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah, Profesionalisme Guru, Kepuasan Kerja Guru dengan Kinerja Guru pada SD Negeri di Kota Kupang. (Disertasi)

Petrus Maupula

Abstrak


Maupula, Petrus. 2010. Hubungan Antara Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah, Profesionalisme Guru, Kepuasan Kerja Guru dengan Kinerja Guru pada SD Negeri di Kota Kupang. Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan,Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.Willem Mantja, M.Pd; (2) Prof.H.A. Sonhadji K.H; MA; Ph.D; (3) Prof.Dr.H.Salladien

 

Kata kunci: perilaku kepemimpian kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalisme guru, kepuasan kerja guru, kinerja guru.

 

            Peningkatan kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan sehingga menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu, handal dan professional. Guru merupakan tenaga professional yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan penentu kualitas pendidikan perlu dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kinerja guru. Faktor yang diduga berpengaruh terhadap kinerja guru antara lain: perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalisme guru, dan kepuasan kerja guru.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai: (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalisme guru, kepuasan kerja guru dengan kinerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (2) hubungan langsung dan tidak langsung antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalisme guru dan kepuasan kerja guru dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Kupang. Populasi penelitian ini adalah 684 orang guru pada SD Negeri di Kota Kupang. Dengan menggunakan formula Cochran dan Warwick diperoleh jumlah sampel 277 orang guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik proporsional random sampling dan pengumpulan data digunakan kuesioner model Skala Likert. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik multivariate SEM-AMOS.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel berada pada ketegori cukup baik. Sementara hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 % atau taraf kepercayaan 95% terdapat: (1) hubungan langsung yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan iklim organisasi sekolah pada SD Negeri di kota Kupang, (2) hubungan langsung yang tidak signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (3)hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (4) hubungan tidak langsung yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru melalui iklim organisasi sekolah pada SD Negeri di Kota Kupang, (5) hubungan langsung yang tidak signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru pada SD Negeri di kota Kupang, (6) hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kepuasan kerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (7) hubungan langsung yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kepuasan kerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (8) hubungan langsung yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui iklim organisasi sekolah pada SD Negeri di Kota Kupang, (9) hubungan tidak langsung yang tidak signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (10) hubungan tidak langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (11) hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (12) hubungan langsung yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kinerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (13) hubungan langsung yang signifikan antara kepuasan kerja guru dengan kinerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang, (14 hubungan tidak langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru melalui profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kuapng, (15) hubungan tidak langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang, dan (16) hubungan tidak langsung yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang.

            Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: (1) bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Kupang disarankan kiranya hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan informasi untuk dipertahankan bahkan disikapi untuk dikembangkan terhadap penilaian kinerja kepala sekolah maupun guru sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya, (2) bagi kepala sekolah disarankan kiranya hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan informasi yang berguna dalam rangka memperbaiki perilaku kepemimpinan, menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan meningkatkan profesionalisme guru sehingga pada gilirannya dapat meningkat pula kinerja guru di sekolah, (3) bagi guru disarankan kiranya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk dipertahankan dan ditingkatkan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembankan sehingga terjadi peningkatan profesionalisme diri sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, (4) bagi pengembangan manajemen pendidikan: hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan pengembangan teori ilmu manajemen pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini,dan (5) bagi peneliti lanjutan disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu rujukan dalam memasukan variabel-variabel lainnya di luar variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalisme guru, dan kepuasan kerja guru sehingga temuan hasil penelitiannya nanti akan dapat menambah wawasan bagi peneliti-peneliti berikutnya.

 

Abstract:

Maupula, Petrus. 2010. Relationship between Principal Leadership Behavior, School Climate, Teacher's Professionalism, Teacher's Job Satisfaction with Teacher's Performance at State Elementary School in Kupang. Dissertation, Department of Educational Management, Post-Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. Willem Mantja, M.Pd, (2) Prof.H. A. Sonhadji K.H; MA; Ph.D; (3) Prof. Dr. H.Salladien. 

 

Keywords: principal leadership behavior, school climate, teacher's professionalism, teacher's job satisfaction, teacher's performance.

 

Improving the quality of education must be constantly upgraded so as to produce the human resources (HR) quality, reliable and professional. Teachers are professionals who are responsible for the implementation of education and the quality of education needs to be done in order to improve teacher's performance. Principal leadership behavior, school climate, teacher's professionalism, and teacher's job satisfaction are presumed as the factors that may influence teachers' performance at State Elementary Schools in Kupang City.

This study is aimed to describe: (1) the quality of principal leadership behavior, school climate, teacher's professionalism, teacher's job satisfaction and teacher's performance at the elementary school in Kupang City, and (2) direct and indirect relationship between principal leadership behavior, school climate, teacher's professionalism, teacher's job satisfaction with teacher's performance at State Elementary Schools in Kupang City. The population included 684 teachers at State Elementary Schools in Kupang City. Formula of Cochran and Warwick was used to select the sample, that is, 277 teachers. The instrument was the form of questionnaires. To have that aims, this study uses a quantitative approach with descriptive-multivariate research design. Data of this study obtained by distributing questioners to all research samples. To analyze the data, this study uses descriptive and SEM-AMOS multivariate statistical analysis.

Based on descriptive analysis, results of this study show that all variables ara categorized as good categories. Meanwhile, based on multivariate analysis with respect to degree of truth 95 % and of fault 0,05 %, and based on the hypotheses as well, conclusions drown as the findings of this study are as follows: (1) there is a significant direct relationship between principal leadership behavior with school climate at State Elementary Schools in Kupang City, (2) there is no significant direct relationship between principal leadership behavior with teacher's professionalism at State Elementary Schools in Kupang City, (3) there is a significant direct relationship between school climate with the teacher's professionalism at State Elementary Schools in of Kupang City, (4) there is a significant indirect relationship between principal leadership behavior with the teacher's professionalism through school climate at State Elementary Schools in Kupang City, (5 ) there is no significant relationship between principal leadership behavior with teacher's job satisfaction at State Elementary Schools in Kupang City, (6) there is a significant direct relationship between school climate and teacher's job satisfaction at State Elementary Schools in Kupang City, (7) there is direct significant correlation between teachers' professionalism and teacher's job satisfaction at State Elementary Schools in Kupang City, (8) there is a significant direct relationship between principall leadership behavior with the teacher's job satisfaction through school climate at State Elementary Schools in Kupang City, (9) there is no significant indirect relationship between principal leadership behavior with teacher's job satisfaction through teacher's professionalism at State Elementary Schools in Kupang City, (10) there is no direct relationship between school climate and teacher's job satisfaction through teacher's professionalism at State Elementary Schools in Kupang City, (11) there is a significant direct relationship between school climate with teacher's performance at State Elementary Schools in Kupang City, (12) there is a direct relationship significant correlation between teacher's professionalism with teacher's performance at State Elementary Schools in Kupang City, (13) there is a significant direct relationship between teacher's job satisfaction with teacher's performance at State Elementary Schools in Kupang City, (14) there is a significant indirect relationship between school climate with teacher's performance through teacher's professionalism at State Elementary Schools in Kupang City, (15) there is a significant indirect relationship between school climate with teacher's performance through teacher's job satisfaction at State Elementary Schools in Kupang City, and (16) there is a significant indirect relationship between teacher's professionalism with teacher's performance through teacher's job satisfaction at State Elementary Schools in Kupang City. 

Based on the results of this study, some suggestions follows should be taken into mind: (1) for the Office of Education Youth and Sports of Kupang City: it is suggested that the results of this research should be used as an information to develop the principals' and teachers' performance assessment in order to maintain and improve their performance, (2) for school principals: it is suggested that the results of this study should be used as a very useful information in order to improve leadership behavior, creating a conducive school climate, enhancing teacher's professionalism and, in it turn, increasing teacher's performance in schools, (3) for the teachers: it is suggested that the results of this research can be used as an input to enhance their professionalism in order to improve the quality of human resources, (4) for the development of educational management: if is suggested that the results of this study can be using as an input for developing science, especially that regard to all variables researched/observed, and (5) for next researchers: it is suggested that the results of this study can be used as one of references in order to explore other aspects that may impact to teacher's performance, such as: motivation, principal managerial skills, and teacher's commitment.