SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri I Wonosalam Kabupaten Jombang

Rizky Amalia Nur Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Amalia N.A, Rizky. 2010. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri I Wonosalam Kabupaten Jombang Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulisetijono, M.Si., (II) Dr. Ibrohim, M.Si.

 

Kata kunci: Bahan ajar IPA Terpadu, motivasi, hasil belajar, SMP Negeri I Wonosalam.

 

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan siswa kelas VII SMP Negeri I Wonosalam tentang pandangan siswa terhadap pelajaran IPA Terpadu, siswa yang diwawancarai mengatakan bahwa mata pelajaran IPA Terpadu sangat sulit dipahami karena terlalu banyak konsep yang harus dihafalkan, sehingga mereka kurang memahami manfaat pelajaran IPA Terpadu bagi kehidupan nyata, cara pengajaran IPA Terpadu juga kurang menarik serta jarang melakukan observasi ke luar kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan bahan ajar IPA terpadu oleh Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Wonosalam Kabupaten Jombang, (2) pengaruh penggunaan bahan ajar IPA terpadu oleh Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Wonosalam Kabupaten Jombang, (3) interaksi penggunaan bahan ajar IPA Terpadu oleh Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna dengan kemampuan akademik siswa terhadap motivasi dan hasil belajar. 

 

Penelitian ini merupaan penelitian eksperimen dan dilaksanakan dalam lima kali pertemuan, yaitu bulam Maret sampai April 2010. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Wonosalam Kabupaten Jombang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B.Data motivasi belajar siswa diperoleh dari nilai angket awal dan akhir siswa. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pra tes dan pasca tes. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik kovarian.

 

Hasil penelitian  meunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar IPA Terpadu Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dengan p 0,003. Sedangkan untuk hasil belajar p 0,000 sehingga hasilnya ada pengaruh penggunaan bahan ajar IPA Terpadu Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Tidak ada interaksi penggunaan bahan ajar IPA Terpadu  Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna dan nilai akademik terhadap motivasi belajar karena nilai p 0,786 dan ada interaksi bahan ajar Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna dan nilai akademik terhadap peningkatan hasil belajar karena nilai p 0,010.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan  (1) Sebaiknya guru menggunakan bahan ajar IPA Terpadu Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Sebaiknya guru menggunakan bahan ajar IPA Terpadu Tim Proyek Sulisetijono, Lia dan I Wayan Dasna untuk meningkatkan hasil belajar siswa.