SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DIPADU THINK PAIR SQUARE SHARE (TPSS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA 3 SMAN 1 TULUNGAGUNG

Nandani Mutia

Abstrak


ABSTRAK

Nandani, Mutia. 2019.  Penerapan Model Discovery Learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Tulungagung. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sunarmi, M.Pd., (2) Dr. Sulisetijono, M.Si.

Kata Kunci: discovery learning dipadu TPSS, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, sistem ekskresi, sistem koordinasi

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang dapat men-dukung proses belajar dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Keterampilan berpikir kritis memiliki banyak manfaat bagi seseorang untuk mampu mengolah, mengevaluasi, dan membuat keputusan berdasarkan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki. Masalah rendahnya keterampilan berpikir kritis terjadi di kota Tulungagung, salah satunya di SMAN 1 Tulungagung. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan soal ujian yang diberikan guru belum mampu mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Proses pembelajaran berlangsung searah, yaitu guru sebagai pusat informasi utama, sedangkan siswa cenderung pasif hanya mendengarkan penjelasan guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah ingin meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar kognitif Biologi siswa.

Jenis penelitian yang diterapkan dalam pembelajaran ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tulungagung dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebanyak 32 siswa. Data penelitian berupa Keterlaksanaan Pembelajaran Discovery Learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) oleh guru dan siswa, data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari tes setiap akhir siklus I dan tes akhir siklus II, dan data hasil belajar kognitif berupa hasil tes setiap akhir siklus berupa soal pilihan ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung. Rerata hasil tes keterampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 70,15 dan meningkat sebesar 8,28 menjadi 78,43 pada siklus II selain itu, terjadi peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 65,62% dan mengalami peningkatan sebanyak 15,63% menjadi 81,25%.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dipadu TPSS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung. Saran yang diberikan peneliti ialah penerapan model Discovery Learning dipadu TPSS memerlukan pengawasan dan kontrol kelas oleh guru sehingga siswa mengikuti pembelajaran dengan baik.