SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang

Asma'ul Khusna .

Abstrak


Kehidupan di abad ke-21 menuntut siswa menguasai keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah, sehingga diharapkan pendidikan dapat mempersiapkan siswa untuk menguasai berbagai kemampuan tersebut. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh persentase keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA Negeri 8 Malang sebesar 37,1% dan termasuk kategori rendah, sedangkan persentase kemampuan pemecahan masalah sebesar 64% dan termasuk kategori cukup. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru biologi, diketahui bahwa sebagian besar nilai ulangan harian siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2017-2018 pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan sebesar 20% belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, diperlukan proses belajar yang tepat untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah, serta meningkatkan hasil kognitif belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik yaitu Problem Oriented Project Based Learning (POPBL). POPBL dalam penelitian ini merupakan model pembelajaran berbasis projek yang diorientasikan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang kontekstual.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara mengundi, yaitu kelas X MIPA 3 (kelas kontrol) dan X MIPA 6 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data hasil penelitian menggunakan Multivariat Analisis Kovarian (Mankova).

Berdasarkan hasil penelitian nilai p dari uji Mankova sebesar 0,000 < α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) siswa yang dibelajarkan menggunakan POPBL memiliki nilai keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan POPBL, (2) siswa yang dibelajarkan menggunakan POPBL memiliki nilai kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan POPBL, (3) siswa yang dibelajarkan menggunakan POPBL memiliki nilai keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan POPBL.