SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi UKBM Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Respirasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kepanjen

Indarti Ruri

Abstrak


RINGKASAN

Indarti, Ruri. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi UKBM Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Respirasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Amy Tenzer, M.S, (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani, M.Si.

Kata Kunci: multimedia interaktif, inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis

Keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen, khususnya pada materi Sistem Respirasi masih kurang. 68% siswa kurang menguasai keterampilan memfokuskan pertanyaan, 62% siswa kurang menguasai keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan yang memerlukan penjelasan, 94% siswa kurang menguasai keterampilan mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi, dan 65% siswa kurang menguasai keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi serta mempertimbangkan kredibilitas sumber pada materi Sistem Respirasi. Kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa disebabkan oleh kurang maksimalnya aktivitas siswa yang dapat mengasah keterampilan berpikir kritis. Penggunaan media sebagai alat bantu pembelajaran juga belum maksimal, padahal fasilitas yang ada di SMAN 1 Kepanjen sudah memadai. Upaya yang dilakukan guru dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan memperbanyak soal-soal bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) belum cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.  Multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing yang digunakan secara bersamaan dengan UKBM di dalam kegiatan pembelajaran di kelas merupakan solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif Sistem Respirasi berbasis inkuiri terbimbing yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.   Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Lee dan Owens dengan prosedur yang terdiri dari:

(1) Analisis kebutuhan;

(2) Analisis awal-akhir;

(3) Desain;

(4) Pengembangan;

(5) Implementasi; dan

(6) Evaluasi. Multimedia interaktif divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi lapangan. Produk yang telah direvisi kemudian diujicoba lapangan awal yang melibatkan siswa kelas XII. Selanjutnya produk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran yang sesungguhnya di kelas XI MIA 3. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi produk, angket respon siswa, serta nilai pre test dan post test. Sementara data kualitatatif diperoleh dari saran dan komentar ahli materi, ahli media, praktisi lapangan serta siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif meliputi uji kelayakan dan kepraktisan poduk  serta uji keefektifan menggunakan teknik n-gain. Sementara analisis deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan saran dan komentar dari para validator guna merevisi produk yang dikembangkan.   

Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi lapangan memperoleh nilai sebesar 100%, 93%, dan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil uji kepraktisan pada ujicoba lapangan awal dan ujicoba lapangan utama diperoleh hasil sebesar 83% dan 84% yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat praktis untuk digunakan. Sementara uji keefektifan yang dihitung menggunakan rumus n-gain diperoleh hasil 0,768 yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.  Peningkatan keterampilan berpikir kritis juga terlihat untuk masing-masing indikator yaitu 90% untuk indikator memfokuskan pertanyaan, 79% untuk indikator bertanya dan menjawab pertanyaan yang memerlukan penjelasan, 89% untuk indikator mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi, 89% untuk indikator menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, dan 100% untuk indikator mempertimbangkan kredibilitas sumber. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang digunakan secara bersamaan dengan UKBM Sistem Respirasi efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada KD 3.8 Kelas XI.