SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI KEANEKARAGAM TUMBUHAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAI DIPONEGORO WAGIR KABUPATEN MALANG

Ludfi Rachma Fadillah

Abstrak


ABSTRAK

Pembelajaran seharusnya inovatif meggunakan model  pembelajaran terkini dan dibantu dengan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga keterampilan yang diharapkan dapat tercapai setelah  pembelajaran dilakukan. Salah satu pembelajaran yang disarakan dalam kurikulum 2013 adala pembelajaran dengan model discovery learning. Siswa melakukan kegiatan aktif sehingga menemukan konsep secara mandiri dengan model discovery learning sehingga keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat  pembelajaran yang memenuhi kelayakan, kepraktisan dan keefektifan pada materi keanekaragaman tumbuhan siswa kelas XI SMAI Diponegoro Wagir. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran adalah ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Hasil pengembangan ditunjukkan dari hasil uji kelayakan oleh ahli validator materi yaitu 82,5% oleh ahli materi untuk RPP dan 93,75% ahli materi untuk LKS, validator perangkat pembelajaran  96,21% untuk RPP dan 97,37% LKS, dan praktisi lapangan 96,97% untuk RPP dan 98,03%  untuk LKS. Selanjutnya hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran yang dihitung menggunakan rumus Hake untuk mengetahui nilai g dari rata-rata nilai prates dan pascates. Nilai g yang diperoleh adalah 0,67 menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran cukup efektif meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa Seluruh iswa kelas X telah mencapai KKM ranah kognitif, psikomotorik dan afektif dengan penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning, Model Discovery Learning, Berpikir Kritis, hasil belajar, keanekaragaman tumbuhan

ABSTRAK

Learning should be innovative using the latest learning model and assisted with teaching materials that fit the needs of students, so that the skills expected can be achieved after learning is done. One of the lessons suggested in the 2013 curriculum is learning with discovery learning models. Students carry out active activities so that they discover concepts independently with discovery learning models so that thinking skills and student learning outcomes can be achieved. This study aims to produce learning tools that fulfill the feasibility, practicality and effectiveness of plant diversity material in class XI students of Diponegoro Wagir. The method used in the development of learning tools is ADDIE which consists of the Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate stages. The results of the development are shown from the results of the feasibility test by material validator experts, namely 82.5% by material experts for RPP and 93.75% material experts for LKS, learning device validators 96.21% for RPP and 97.37% LKS, and field practitioners 96.97% for RPP and 98.03% for LKS. Furthermore, the results of the effectiveness test of learning tools were calculated using the Hake formula to determine the g value of the average value of the pretest and posttest. The g value obtained is 0.67 indicating that the learning device is effective enough to improve critical thinking skills of students. All class X students have achieved the KKM in the cognitive, psychomotor and affective domains with the use of developed learning tools.

Keywords: Learning Tools Based on Discovery Learning Models, Discovery Learning Models, Critical Thinking,  learning outcomes, diversity of plant