SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang

Sipahutar Efriani Roderma

Abstrak


RINGKASAN

Sipahutar, Efriani Rodearma. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Hendra Susanto, S.Pd, M.Kes., Ph.D., (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si.

Kata Kunci: multimedia interaktif, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, sistem saraf

Uji coba soal materi sistem saraf kepada 30 siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang diperoleh sebanyak 7% siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik, 53%  siswa cukup baik dan 40% siswa kurang baik. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi sesuai dengan tuntutan abad XXI yang diperlukan untuk memfasilitasi siswa agar lebih mudah memahami pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa, salah satunya adalah multimedia interaktif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid, praktis dan efektif pada materi sistem saraf untuk siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Lee and Owen yang meliputi 4 tahap yaitu, Assesment/analysis yang terdiri dari need assesment dan Front-end analysis, Design, Development and Implementation dan Evaluation. Multimedia interaktif akan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi lapangan menggunakan angket validasi. Tingkat kepraktisan diukur berdasarkan jawaban angket respon siswa dan tingkat keefektian dilihat dari hasil gain score  yang diperoleh dari rata-rata nilai pre-test dan post-test.

Hasil analisis dari validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 100% (sangat valid), ahli media sebesar 93,29% (sangat valid), dan praktisi lapangan sebesar 94,73% (sangat valid). Kepraktisan produk multimedia interaktif sebesar 92,14% (sangat praktis). Rerata hasil pre-test dan post-test, didapatkan hasil gain score sebesar 0,706667 yang berarti kemampuan berpikir kritis siswa dengan kriteria tinggi dan adanya kenaikan hasil belajar siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada materi sistem saraf sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.