SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung

Afiva Fitria Rahma

Abstrak


RINGKASAN

Afiva, Fitria Rahma. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Murni Saptasari, M.Si, (2) Dra. Eko Sri Sulasmi,M. S.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, keterampilan komunikasi, hasil belajar

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang penerapan-nya mewajibkan siswa dapat menguasai salah satu aspek yang penting yaitu aspek komunikasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada 9 Oktober s/d 6 November 2018 di SMAN 1 Tulungagung di-ketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru. Keterampilan komunikasi siswa juga masih rendah, terbukti dari keterampilan komunikasi siswa pada aspek bertanya. Saat siswa diberi kesempatan untuk bertanya hanya 47% siswa yang aktif bertanya. Ketuntasan belajar dilihat dari hasil tes formatif siswa masih rendah dengan persentase siswa yang belum mencapai KKM adalah 60%. Kedua aspek tersebut menunjukkan persentase yang masih rendah sehingga diperlukan perbaikan pembelajaran yang mampu me-ningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindakan dalam penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung.

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan kelas, observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan materi pada KD  3.10 dan 4.10, serta KD 3.11 dan 4.11. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tulungagung dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung yang berjumlah 36 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 23 perempuan. Data yang dikumpulkan selama penelitian adalah keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dari aspek guru dan siswa dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dari aspek guru dan siswa, keterampilan komunikasi tulis dengan instrumen penilaian laporan peng-amatan, keterampilan komunikasi lisan dengan instrumen lembar observasi keterampilan komunikasi lisan, dan hasil belajar kognitif siswa dengan instrumen tes akhir siklus I dan siklus II.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi lisan siswa pada siklus I sebesar 80,38% meningkat menjadi 87,84% pada siklus II, sedangkan keterampilan komunikasi siswa tulis pada siklus I sebesar 78,89% meningkat menjadi 88,13% pada siklus I. Hasil belajar dari aspek kognitif pada siklus I sebesar 78,56% meningkat menjadi 83,50% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung. Saran dari guru harus selalu mengingatkan siswa mengenai alokasi waktu pembelajaran, guru harus menjelaskan mengenai model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan menjelaskan maksud prosedur pengamatan beserta contoh terlebih dahulu.