SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Materi Sistem Respirasi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang

Nailul Minnah

Abstrak


Salah satu keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh siswa adalah keterampilan dalam berliterasi. Sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar (KD) pada ranah keterampilan kelas XI matapelajaran biologi yaitu KD 4.8 yaitu “Menyajikan hasil analisis pengaruh pencemaran udara terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ pernapasan manusia berdasarkan studi literatur”. Literasi yang memungkinkan terjadi pada peserta didik abad ke-21 adalah literasi digital. Cara yang ideal untuk mengembangkan keterampilan literasi digital siswa adalah melalui model pembelajaran berbasis pemecahan masalah yaitu Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran sistem respirasi manusia dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran model Problem Based Learning ini diimplemtasikan pada kelas XI MIPA 2 SMAN 8 Malang. Hasil validasi membuktikan bawha perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan rata-rata dalam kriteria sangat valid, begitu juga hasil ujicoba membuktikan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan rata-rata dalam kriteria sangat praktis. Hasil analisis yang diuji dengan uji N-gain menunjukkan bahwa setiap indikator keterampilan literasi digital dalam kriteria sedang. Hasil belajar siswa dengan sembilan indikator yang dianalisis dengan uji N-gain juga rata-rata dalam kriteria sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model Problem Based Learning yang telah dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, keterampilan literasi digital, hasil belajar.