SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Kepanjen

Ariyadi Dimas

Abstrak


RINGKASAN

Ariyadi, D. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D. (II) Dra. Nursasi Handayani, M.Si.

 Kata Kunci: multimedia interaktif, sistem reproduksi manusia, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif.  

Mata pelajaran Biologi di tingkat SMA/MA sebagai kelompok ilmu pengetahuan yang membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif, dan mandiri. Fenomena di lapangan, Biologi masih sulit dipahami siswa karena materi bersifat abstrak dan tuntutan kecakapan hidup abad 21 untuk menyiapkan siswa yang mampu berpikir salah satunya berpikir kritis. Berpikir kritis penting dikembangkan agar siswa terampil menganalisis, menilai dan merekonstruksi pemikirannya. Maka guru harus pandai menyusun bahan ajar dan media inovatif dalam pembelajaran agar kemampuan berpikir kritis siswa berkembang. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Kepanjen pada Desember 2018, diketahui bahwa sebesar 75% siswa dari tiga kelas berbeda menyatakan materi sistem reproduksi manusia masih begitu sulit dipahami. Ketercapaian siswa menuntaskan materi masih 70% dari 85% yang diharapkan dari pembelajaran. Hasil studi pendahuluan tes soal latihan materi sistem reproduksi manusia dengan indikator berpikir kritis (Facione, 1994) kepada 33 siswa, hasilnya 77% siswa belum menerapkan aspek berpikir kritis dengan baik dalam menjawab soal. Media yang relevan dalam pembelajaran kurang untuk menunjang pengetahuan siswa. Guru kurang mengembangkan jenis media pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Multimedia pembelajaran interaktif belum pernah dikembangkan, sehingga diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem reproduksi manusia kelas XI SMA menggunakan model Research  and Development Lee and Owens. Prosedurnya meliputi 1. analisis awal-akhir, 2. desain, 3. pengembangan dan implementasi, 4. evaluasi. Hasil penelitian dan pengembangan diperolehan melalui penghitungan validasi multimedia pembelajaran oleh para ahli dan siswa. Hasil validasi oleh ahli media  diperoleh nilai 95,65% (sangat valid), ahli materi diperoleh nilai 100% (sangat valid), praktisi lapangan diperoleh nilai 81,25% (sangat valid). Hasil kepraktisan oleh 36 siswa XI MIPA 2 diperoleh nilai 83% (sangat praktis). Nilai keefektifan yang dianalisis menggunakan n-gain untuk kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai 0,59 (sedang cenderung tinggi) dan hasil belajar kognitif diperoleh nilai 0,52 (sedang). Berdasarkan data diatas, maka penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran materi sistem reproduksi manusia memiliki efektifitas sedang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Kepanjen.