SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Interaktif Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM

Aidah Azhari Ulfah

Abstrak


RINGKASAN

Aidah, Azhari Ulfah. 2019. Pengembangan Media Interaktif Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Hendra Susanto, S.Pd, M. Kes, Ph.D., (2) Dra. Nursasi Handayani, M.Si.

Kata Kunci: Media interaktif, Keterampilan berpikir kritis, Keterampilan berpikir kreatif, Sistem ekskresi

Pergeseran paradigma dijadikan pijakan dalam pengembangan kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta kemampuan memanfaatkan teknologi. Proses pembelajaran biologi di SMA Laboratorium UM menggunakan model pembelajaran yang masih terpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif. Pada materi sistem ekskresi dengan tingkat abstraksi yang cukup tinggi, hanya 50% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Data awal menunjukan keterampilan berpikir kreatif siswa hanya 33,1% dan integrasi keterampilan berpikir kritis hanya tertulis pada RPP tanpa adanya pengukuran. SMA Laboratorium UM memiliki fasilitas yang sangat baik dalam mendukung pembelajaran seperti tersedianya wifi di area sekolah, speaker, LCD, proyektor disetiap kelas, akan tetapi dalam penggunaan laptop dan smartphone siswa kurang memanfaatkannya sebagai kebutuhan belajar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media interaktif materi sistem ekskresi yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif untuk siswa kelas XI MIPA 2 SMA Laboratorium UM yang valid, praktis, dan efektif.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Lee and Owens, dengan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SMA Laboratorium UM Malang dengan sampel penelitian adalah 29 siswa kelas XI MIPA 2. Data validasi diperoleh dari ahli materi, ahli media dan praktisi lapangan. Data keefektifan diperoleh dari hasil pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Data kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli media diperoleh nilai 90,5% yang termasuk kategori sangat valid, validasi ahli materi diperoleh nilai 98,8% yang termasuk kategori sangat valid, dan validasi praktisi lapangan diperoleh nilai 91,6% termasuk kategori sangat valid. Hasil keefektifan media melalui hasil pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan N-gain pada keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai 0,62 yang termasuk kategori sedang (efektif) dan keterampilan berpikir kreatif diperoleh nilai 0,51 yang termasuk kategori sedang (efektif). Hasil kepraktisan memperoleh nilai 89,8% termasuk kategori sangat praktis.