SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Realia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MA Al-Ma’arif Singosari

muhibbudin Muhammad faris

Abstrak


RINGKASAN

Muhibbudin, Muhammad Faris. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Realia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MA Al-Ma’arif Singosari. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., (2) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S.

Kata Kunci: discovery learning, media realia, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar biologi.

Kemampuan seseorang untuk dapat berhasil dalam kehidupannya antara lain ditentukan oleh keterampilan berpikirnya, yang sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai permasalahan. Keterampilan berpikir kritis siswa penting dibelajarkan karena keterampilan tersebut berkontribusi terhadap hasil belajar siswa lebih dari lima puluh persen dari pada faktor lain. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di MA Al-Ma’arif Singosari pada siswa kelas X MIA-2 bahwa model pembelajaran yang sangat diminati adalah model pembelajaran kooperatif dan ceramah yang belum begitu menekankan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir siswa. Diperlukan pengembangan Pendidikan di Indonesia yang meliputi pola pengajaran, model pembelajaran yang bervariasi dan kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran yang dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Model discovery learning yang diterapkan dengan berbantuan media realia merupakan inovasi pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari. Penggunaan model discovery learning selaras dengan media realia yang akan digunakan karena dalam model pembelajaran ini siswa tidak disajikan pelajaran dalam bentuk final, melainkan berupa fenomena di lapangan yang merupakan karakter dari media realia.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindakan- tindakan yang tepat dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media realia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X- MIA 2 MA Al-Ma’arif Singosari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Tahapan dalam masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yakni

1) Perencanaan (planning),

2) pelaksanaan (implementing),

3) Observasi (observing),

4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengukur keterlaksanaan sintaks yang dilakukan siswa sementara tes digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 190 %. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 55,69%.  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media realia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah pembelajaran yang menggunakan model discovery learning dengan berbantuan media realia pada materi keanekaragaman tumbuhan dan keanekaragaman hewan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran di kelas X- MIA 2 Madrasah Aliyah Al- Ma’arif Singosari karena dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar kognitif siswa.