SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL DAN FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA NEGERI DI KOTA MALANG

JANNAH ATIQAH MIFTAKHUL

Abstrak


RINGKASAN

Jannah, A. M. 2019. Profil dan Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si., (II) Dra. Amy Tenzer, M.S.

Kata Kunci : kemampuan literasi sains, IPA, IPS.

Pendidikan saat ini diarahkan untuk mempersiapkan siswa agar sukses hidup di abad 21. Kecakapan abad 21 yang harus dimiliki siswa disingkat menjadi 4C yakni berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving skill), berkomunikasi (communication skill), kreativitas dan inovasi (creativity and innovation), dan kolaborasi (collaboration). Selain kecakapan 4C, siswa juga harus menjadi individu literat atau berliterasi. Salah satu kemampuan literasi yang harus dimiliki siswa yaitu kemampuan literasi sains. Kemampuan literasi sains  penting dimiliki oleh semua individu untuk membuat keputusan yang  bertanggung jawab pada berbagai permasalahan yang memerlukan pengeta-huan dan pemahaman sains. Survei yang dilakukan oleh Program for Internatio-nal Student Assessment (PISA) menunjukkan hasil mengenai rata – rata skor prestasi literasi sains  di Indonesia masih jauh di bawah rata – rata internasional. Pada tahun 2015 Indonesia menempati peringkat 62 dari 70 negara. Pembelajaran literasi sains di sekolah erat kaitannya dengan Kompetensi Inti (KI) 4 yang terdapat pada Kurikulum 2013. Siswa IPA dan IPS di SMA menganut KI 4 yang sama sehingga literasi sains harus dimiliki siswa IPA maupun siswa IPS. Kemampuan literasi sains siswa di Kota Malang perlu diteliti agar hasil yang diperoleh dapat dijadikan refleksi dan bahan pertimbangan pengambilan kebijakan pendidikan yang akan diterapkan. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan profil kemampuan literasi sains pada siswa SMA Negeri Kelas XI di Kota Malang, untuk mengetahui perbedaan profil kemampuan literasi sains siswa IPA dan IPS SMA Negeri di Kota Malang dan untuk mendeskripsikan faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri Kelas XI di Kota Malang

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang berarti penelitian yang dilakukan akan mendeskripsikan profil dan faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains SMA Negeri di Kota Malang. Penelitian ini menyajikan penelitian secara deskriptif dan data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif tersebut ialah hasil tes kemampuan literasi sains siswa. Sedangkan data kualitatif berupa hasil angket dan wawancara mengenai faktor – faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains dan hasil saran validator. Profil kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri dianalisis menggunakan persentase sedangkan profil perbedaan kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri IPA dan IPS dianalisis menggunakan uji anava tunggal dan persentase. Faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains siswa dianalisis menggunakan uji Korelasi Pearson Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri di Kota Malang termasuk dalam kriteria rendah dengan persentase rerata skor yang didapat sebesar 49,12%. Profil kemampuan literasi sains siswa IPA dan IPS SMA Negeri di Kota Malang tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains siswa antara lain kualitas proses pembelajaran, sikap siswa terhadap sains dan minat baca siswa.