SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif pada Sistem Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMAN 1 Tumpang

Indatus Sholikhah

Abstrak


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran yang variatif sehingga proses pembelajaran dapat lebih efektif dan efisien sehingga kemampuan yang sangat dibutuhkan di abad 21 yaitu kemampuan berpikir kritis bisa dimiliki siswa. Media pembelajaran merupakan alat bantu pembelajaran untuk menjelaskan konsep atau teori yang sulit dijelaskan oleh guru secara lisan seperti materi pada mata pelajaran Biologi. Ada materi biologi yang sifatnya sulit divisualisasikan atau objeknya sulit untuk dihadirkan secara visual seperti sistem respirasi manusia meliputi organ respirasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru Biologi SMAN 1 Tumpang dan observasi angket kepada siswa diperoleh hasil kurangnya media pembelajaran yang mendukung tentang materi Sistem Respirasi. Media yang digunakan di sekolah berupa buku paket Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulm 2013 oleh Irnaningtyas dan Istiadi dan PPT yang dibuat oleh guru Biologi dan hasil belajar siswa masih 55% yang mencapai KKM.

Penelitian dan Pengembangan multimedia interaktif Sistem Respirasi SMAN 1 Tumpang menggunakan model Research and Deveelopment oleh William W. Lee dan Diana L. Owens. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4. Data penelitian berupa hasil angket respon siswa, pretest dan posttest untuk berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan gain score.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif Sistem Respirasi yang dikembangkan memiliki nilai kelayakan tinggi. Hasil validasi oleh  ahli materi sebesar 100%. Hasil validasi oleh ahli media sebesar 91%. Hasil validasi oleh praktisi lapangan sebesar 93%. Uji kepraktisan dari angket respon daya tarik siswa kelas XI MIA 4 SMAN 1 Tumpang sebesar 90%. Uji keefektifan dari hasil pretest dan postest berpikir kritis dihitung dengan gain score sebesar 0,6 sedangkan hasil belajar kognitif sebesar 0,8.

Berdasarkan hasil gain score tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif efektif digunakan dalam pembelajaran Sistem Respirasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah multimedia interaktif Sistem Respirasi ini dapat menunjang dalam proses pembelajaran materi Sistem Respirasi sehingga diharapkan mampu meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.