SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Interaktif Discovery Inquiry Learning Berbasis Sumber Daya Lokal pada Materi Protista untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa MAS Mambaul Ulum Tumpang

Indriani . Nunun

Abstrak


RINGKASAN

Indriani, Nunun. 2019. Pengembangan Media Interaktif Discovery Inquiry Learning Berbasis Sumber Daya Lokal pada Materi Protista untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa MAS Mambaul Ulum Tumpang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M. Pd., (II) Dra. Eko Sri Sulasmi, M. S.

Kata Kunci: media interaktif, discovery inquiry learning, sumber daya lokal, berpikir kritis, literasi sains, protista

Media pembelajaran berbasis sumber daya lokal merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Wilayah Kecamatan Tumpang didominasi oleh wilayah persawahan, kolam ikan, dan air selokan di wilayah perkampungan, sehingga dapat diterapkan pada pembelajaran materi Protista. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Mambaul Ulum Tumpang merupakan salah satu SMA Swasta di wilayah Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang yang memiliki berbagai permasalahan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional di era abad ke-21. Penggunaan media interaktif discovery inquiry learning berbasis sumber daya lokal diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Penelitian pengembangan media interaktif discovery inquiry learning berbasis sumber daya lokal belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini adalah mengembangkan media interaktif discovery inquiry learning berbasis sumber daya lokal pada materi Protista untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa MAS Mambaul Ulum Tumpang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Sasaran pengembangan media ajar adalah siswa kelas X IPA MAS Mambaul Ulum Tumpang tahun ajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 16 orang. Data penelitian berupa hasil validasi dari ahli materi, ahli media, praktisi lapangan, angket respon guru dan siswa, nilai pretest hingga posttest guna untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa. Teknik analisis data berupa uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan produk yang dikembangkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 98,3%, hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 98%, hasil validasi oleh praktisi lapangan diperoleh persentase sebesar 91,2% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa diperoleh persentase kepraktisan sebesar 93% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan menggunakan gain score diperoleh hasil sebesar 0,39 dengan kriteria sedang.

Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu media interaktif discovery inquiry learning berbasis sumber daya lokal mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa kelas X IPA MAS Mambaul Ulum Tumpang. Media interaktif akan memiliki tingkat keefektifan yang tinggi apabila diujicobakan kepada subjek uji coba yang memiliki kemampuan dalam proses pembelajaran student centered.

SUMMARY

Indriani, Nunun. 2019. Development Interactive Media of Discovery Inquiry Learning Based on Local Resource in Material Protist to Improve Critical Thinking Ability and Science Literacy of Students in MAS Mambaul Ulum Tumpang. Thesis. Department of Biology. Faculty of Math and Science. Malang State University. Counselor: (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M. Pd., (II) Dra. Eko Sri Sulasmi, M. S.

Keywords: Interactive media, discovery inquiry learning, local resources, critical thinking, science literacy, protist

Local resource based learning media is one component that has an important role in the learning process. Tumpang Subdistrict area is dominated by rice fields, fish ponds, and sewerage water in the village area, so that it can be applied to Protista material learning. The results of the preliminary study indicate that the Private Madrasah Aliyah (MAS) of Mambaul Ulum Tumpang is one of the Private High Schools in Tumpang Subdistrict area, Malang Regency which has various problems in achieving national education goals in the 21st century era. The using of media interactive discovery inquiry learning based on local resources is expected can achieve national education goals. Research on developing interactive media discovery inquiry learning based on local resources has never been done. The purpose of research and development of learning media is to develop media interactive discovery inquiry learning based on local resources on Protista material to improve student’s critical thinking skills and scientific literacy of MAS Mambaul Ulum Tumpang.

The type of this research is research and development using the ADDIE development model (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). The target of developing teaching media is class X Science MAS Mambaul Ulum Tumpang 2018/2019 academic year, amounting to 16 people. The research data are in the form of validation results from material experts, media experts, field practitioners, teacher and student response questionnaires, pretest to posttest scores to measure students critical thinking skills and scientific literacy. Data analysis techniques in the form of validity test, practicality test, and the effectiveness test of the product being developed.

The results show that based on the results of the data validation by material experts obtained a percentage of 98.3%, the results of validation by media experts obtained a percentage of 98%, the results of validation by field practitioners obtained a percentage of 91.2% with very valid criteria. Practical test results by teachers and students obtained a practical percentage of 93% with very practical criteria. The results of the effectiveness test using the gain score obtained results of 0.39 with the criteria being.

Conclusions from the results of the research are that media interactive discovery inquiry learning based on local resources is able to improve critical thinking skills and scientific literacy of class X Science MAS Mambaul Ulum Tumpang. Interactive media will have a high level of effectiveness if tested on trial subjects who have the ability in the student centered learning process.