SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DISERTAI LEMBAR KEGIATAN SISWA MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH LINGKUNGAN DI SEKITAR MA AL ITTIHAD PONCOKUSUMO MALANG

Dyanita Neswari Setyawan

Abstrak


Setyawan, Dyanita Neswari. 2019. Pengembangan Buku Panduan disertai Lembar Kegiatan Siswa melalui Pemanfaatan Limbah Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan  di sekitar MA Al Ittihad Poncokusumo Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M. Pd., (II) Dra. Eko Sri Sulasmi, M. S.

 

Kata kunci : Buku panduan disertai LKS, limbah, problem based learning, keterampilan penyelesaian masalah

MA Al Ittihad merupakan salah satu madrasah yang terletak di Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil studi pendahuluan didapatkan hasil bahwa keterampilan penyelesaian masalah siswa rendah. Rendahnya keterampilan penyelesaian masalah yang dimiliki siswa diduga disebabkan oleh kurangnya bahan ajar dan kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan guru dalam membelajarkan biologi khususnya materi mengenai perubahan lingkungan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemberian sumber belajar yang digunakan dengan model pembelajaran yang tepat pada siswa. Buku panduan disertai LKS yang disusun, secara umum berisi cara pemanfaatan limbah menjadi kerajinan dan pupuk. Buku panduan disertai dengan  LKS berbasis problem based learning, sebagai tempat siswa untuk menuliskan gagasan, hipotesis, solusi, hingga evaluasi dari solusi permasalahan, sehingga dapat mengukur proses hingga hasil dari produk yang dibuat oleh siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan bahan ajar ini adalah mengembangkan buku panduan disertai LKS pemanfaatan limbah berbasis problem based learning yang dapat meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah perubahan lingkungan di sekitar MA Al Ittihad Poncokusumo Malang.

Metode penelitian yang menggunakan model pengembangan ADDIE. ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Buku panduan disertai LKS di validasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 1 praktisi lapangan dan diuji coba pada 39 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan disertai lembar kegiatan siswa dinyatakan sangat valid, dengan persentase validasi oleh ketiga validator sebesar ahli materi (98,4 %), ahli media (96,67 %) dan praktisi lapangan (94,43 %). Analisis data hasil uji coba juga menunjukkan kepraktisan produk sebesar 81,036 % yang masuk dalam kriteria sangat praktis, dengan revisi kecil apabila dilihat dari desain dan kegrafisan. Uji keefektifan mendapatkan gain score sebesar 0,75 yang berarti tingkat efektifitas media tinggi. Buku panduan disertai LKS efektif dalam meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah pada keenam  indikator, yaitu identifikasi masalah (25,6 %), identifikasi strategi (36,4 %), mengusulkan hipotesis solusi (52,6 %), evaluasi solusi (62,5 %) dan evaluasi hasil (36,7 %). Pada indikator implementasi solusi mendapatkan rerata skor sebesar 17, 10.5 dan 3 dari skor maksimal 20, 12 dan 4. Secara keseluruhan indikator keterampilan penyelesaian masalah siswa telah meningkat dan hal tersebut menunjukkan bahwa buku panduan disertai LKS dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah siswa.