SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MATERI ANIMALIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF-INOVATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMAN 2 BATU

Difandini Rizky Firdaus

Abstrak


ABSTRAK

Perangkat pembelajaran berperan langsung dalam memengaruhi kemampuan guru dan siswa pada proses belajar mengajar. Permasalahan guru di SMAN 2 Batu adalah belum ada perangkat pembelajaran yang rinci dan mampu mengarahkan pada penerapan model pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan permasalahan siswa adalah kurangnya bahan ajar dan metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi tersebut dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat mengarahkan guru dan membantu siswa untuk ikut berperan aktif dalam pembelajaran serta meningkatkan kreatifitas dan keinovatifan siswa agar dapat bersaing di Abad XXI secara unggul. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis proyek yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, develop, implement, evaluate.  Data hasil validasi digunakan untuk mengukur kevalidan produk, nilai prates dan postes digunakan untuk mengukur keefektifan produk, dan data hasil angket respons pengguna digunakan untuk mengukur tingkat kepraktisan produk. Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran terhadap silabus, RPP, LKS, UKBM, dan asesmen memiliki rerata 3,93 (sangat valid). Rerata hasil validasi ahli materi Zoologi terhadap RPP, LKS, UKBM 4, dan soal tes adalah 3,85 (sangat valid). Rerata hasil validasi oleh ahli praktisi lapangan terhadap silabus, RPP, LKS, UKBM, dan asesmen adalah 3,79 (sangat valid). Hasil angket dari respons pengguna (siswa) terhadap LKS dan UKBM memiliki rerata sebesar 3,41 (sangat praktis). Data pada tes kognitif memiliki rerata nilai normalisasi gain sebesar 0,56 dan tes afektif sebesar 0,39 (keefektifan sedang). Hasil peningkatan keterampilan berpikir kreatif-inovatif dikategorikan dalam kriteria sangat baik. Perangkat pembelajaran berbasis proyek pada KD Animalia yang memuat sintaks PjBL yang dihasilkan oleh peneliti adalah produk yang sangat valid, sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif-inovatif dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Batu.

Kata Kunci:  perangkat pembelajaran berbasis proyek, berpikir kreatif-inovatif, animalia.

ABSTRACT

Learning media plays a direct role in influencing the ability of teachers and students in the teaching and learning process. The teacher's problem at SMAN 2 Batu is that there are no detailed learning tools and able to direct the application of learning models in the classroom. While students' problems are the lack of teaching materials and learning methods that can involve students actively in learning. Based on the results of these observations is SMAN 2 Batu needed learning medias that can direct the teacher and help students to take an active role in learning and increase the creativity and innovation of students in order to compete in the XXI Century in a superior manner. The purpose of this research and development is to produce a valid, practical and effective projectbased learning medias. The development model used is the ADDIE model, consisting of five stages, analyze, design, develop, implement, evaluate. Validation data are used to measure product validity, pre-test and post-test values are used to measure product effectiveness, and data from user response questionnaires are used to measure product practicality. The results of the expert validation of the learning medias against the syllabus, lesson plans, student worksheets (LKS), UKBM, and

assessment have an average of 3.93 (very valid). The mean results of Zoological material expert validation on RPP, LKS, UKBM 4, and test questions were 3.85 (very valid). The average results of validation by field practitioner experts on syllabus, lesson plans, student worksheets, UKBM, and assessments were 3.79 (very valid). The results of the questionnaire from the responses of students to LKS and UKBM had a mean of 3.41 (very practical). Data on cognitive tests have a mean normalization gain of 0.56 and affective tests of 0.39 (moderate effectiveness). The results of increasing creative-innovative thinking skills are categorized as very good criteria. The project-based learning medias in KD Animalia which contains the syntax of PjBL produced by researchers is a very valid product, very practical and effective for improving creative-innovative thinking skills and learning outcomes of class X students of SMAN 2 Batu.

Keywords:  project based learning medias, creative-innovative thinking, animalia.