SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Kognitif pada Beberapa Model Pembelajaran

Kusniawati Tia

Abstrak


RINGKASAN

Kusniawati, Tia. 2019. Kajian Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Kognitif pada Beberapa Model Pembelajaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. A.D. Corebima, M.Pd., (II) Dr. Murni Saptasari.

Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, nilai korelasi.

Keterampilan berpikir kritis merupakan aspekyang perlu dikembangkan pada siswa melalui proses pembelajaran yang berkualitas khususnya untuk mengembangkan keterampilan abad 21. Keterampilan berpikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar kogitif, sehingga terdapat hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif. Penelitian mengenai hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pada berbagai model pembelajaran sudah banyak, namun belum ada yang mengungkap gambaran keseluruhan dari hubungan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:

1) melihat  gambaran nilai korelasi antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif pada berbagai model pembelajaran,

2) mengungkap fakta yang berpengaruh terhadap nilai korelasi antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif terebut apakah terkait dengan model pembelajaran atau kondisi lain.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei dilakukan dengan menggunakan kajian meta analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh artikel publikasi, skripsi, tesis, disertasi yang ada di Universitas Negeri Malang yang mengkaji hubungan Keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar penelitian memiliki nilai yang signifikan. Gambaran nilai korelasi pada jenjang SMP yaitu 0.560-0.985, pada jenjang SMA 0.501-1.00, dan pada jenjang perguruan tinggi sebesar 0.774-0.825. 2) data yang tidak signifikan kemungkinan dikarenakan kesalahan pemasukan data dan terjadinya heterokedastisitas. Faktor yang mempengaruhi nilai korelasi selain adanya model pembelajaran yaitu jenjang pendidikan, kondisi lingkungan.

Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran nilai korelasi pada hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif. Pada semua model pembelajaran sebagian besar menunjukka adanya hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar. Kesimpulannya dalam suatu pembelajaran sebaiknya menggunakan pembelajaran inovatif karena mempengaruhi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kritis ini memiliki sumbangan dalam menjelaskan hasil belajar kognitif.

SUMMARY

Kusniawati, Tia. 2019. Study of the Relationship of Critical Thinking Skills with Cognitive Learning Outcomes in Some Learning Models. Skripsi, Biology Education Study Program, FMIPA Malang State University. Advisor: (1) Prof. Dr. A.D. Corebima, M.Pd., (II) Dr. Murni Saptasari.

Keywords: Critical thinking skills, cognitive learning outcomes, correlation values.

Critical thinking skills are aspects that need to be developed in students through a quality learning process especially to develop 21st century skills. Critical thinking skills can improve cognitive learning outcomes, so there is a relationship between critical thinking skills and cognitive learning outcomes. Research on the relationship of critical thinking skills with learning outcomes on various learning models has been numerous, but no one has revealed the overall picture of the relationship. This research is a meta-analysis study. The purpose of this study is to:

1) look at the picture of the correlation between critical thinking skills and cognitive learning outcomes in various learning models,

2) reveal facts that influence the value of correlation between critical thinking skills and cognitive learning outcomes whether it is related to learning models or other conditions.

This study uses a survey research design conducted using a meta-analysis study. The population in this study were all articles on publications, skripsi, theses, dissertations at Malang State University that examined the relationship of critical thinking skills with cognitive learning outcomes.

Based on the results of data analysis shows that: 1) most of the research has a significant value. The description of the correlation value at the Junior High School level is 0.560-0.985, at the level of Senior Hight School 0.501-1.00, and at the college level is 0.774-0.825. 2) data that is not significant is likely due to data entry errors and the occurrence of heterocedasticity. Factors that influence the correlation value in addition to the existence of learning models, namely education levels, environmental conditions.

The results of this study show an overview of correlation values in the relationship of critical thinking skills with cognitive learning outcomes. In all learning models, most of them indicate a relationship between critical thinking skills and learning outcomes. In conclusion, in a study, it is better to use innovative learning because it influences critical thinking skills, this critical thinking skill has a contribution in explaining cognitive learning outcomes.