SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Interaktif Discovery Inquiry Learning Berbasis Sumber Daya Lokal pada Materi Protista untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa MAS Mambaul Ulum Tumpang

Indriani Nunun

Abstrak


ABSTRAK

Indriani, Nunun. 2019. Pengembangan Media Interaktif Discovery Inquiry Learning Berbasis Sumber Daya Lokal pada Materi Protista untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa MAS Mambaul Ulum Tumpang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M. Pd., (II) Dra. Eko Sri Sulasmi, M. S.

Kata Kunci: media interaktif, discovery inquiry learning, sumber daya lokal, berpikir kritis, literasi sains, protista

Media pembelajaran berbasis sumber daya lokal merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Wilayah Kecamatan Tumpang didominasi oleh wilayah persawahan, kolam ikan, dan air selokan di wilayah perkampungan, sehingga dapat diterapkan pada pembelajaran materi Protista. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Mambaul Ulum Tumpang merupakan salah satu SMA Swasta di wilayah Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang yang memiliki berbagai permasalahan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional di era abad ke-21. Penggunaan media interaktif discovery inquiry learning berbasis sumber daya lokal diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Penelitian pengembangan media interaktif discovery inquiry learning berbasis sumber daya lokal belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini adalah mengembangkan media interaktif discovery inquiry learning berbasis sumber daya lokal pada materi Protista untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa MAS Mambaul Ulum Tumpang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Sasaran pengembangan media ajar adalah siswa kelas X IPA MAS Mambaul Ulum Tumpang tahun ajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 16 orang. Data penelitian berupa hasil validasi dari ahli materi, ahli media, praktisi lapangan, angket respon guru dan siswa, nilai pretest hingga posttest guna untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa. Teknik analisis data berupa uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan produk yang dikembangkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 98,3%, hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 98%, hasil validasi oleh praktisi lapangan diperoleh persentase sebesar 91,2% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa diperoleh persentase kepraktisan sebesar 93% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan menggunakan gain score diperoleh hasil sebesar 0,39 dengan kriteria sedang.

Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu media interaktif discovery inquiry learning berbasis sumber daya lokal mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa kelas X IPA MAS Mambaul Ulum Tumpang. Media interaktif akan memiliki tingkat keefektifan yang tinggi apabila diujicobakan kepada subjek uji coba yang memiliki kemampuan dalam proses pembelajaran student centered.