SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gambaran Potensi Model-Model Pembelajaran dalam Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Siswa

Agustin Maya

Abstrak


RINGKASAN

Agustin, Maya. 2019. Gambaran Potensi Model-Model Pembelajaran dalam Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. A.D. Corebima, M.Pd., (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd.

Kata Kunci: Keterampilan metakognitif, model pembelajaran, meta-analisis

Keterampilan metakognitif merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan oleh pebelajar dalam menghadapi tantangan kehidupan di abad ke21. Metakognisi diartikan sebagai kesadaran dan kontrol terhadap proses kognitif atau proses mengetahui dan memonitor proses berpikir. Seseorang yang memiliki keterampilan metakognitif berarti menyadari berapa banyak ia memahami topik pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahamannya. Pentingnya keterampilan metakognitif mendorong berbagai peneliti untuk mengkaji mengenai pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif. Penelitian yang telah berkembang selama ini hanya sebatas untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran pada kondisi tertentu, belum ada penelitian yang melihat kecenderungan berbagai model pembelajaran dalam memberdayakan keterampilan metakognitif siswa dalam berbagai kondisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :

1) mengetahui potensi model pembelajaran dalam memberdayakan keterampilan metakognitif siswa,

2) mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi kuat atau lemahnya pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian survei meta-analisis yang mengkaji pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif siswa. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan variabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel terikat berupa keterampilan metakognitif siswa. Data penelitian diperoleh dari penelitian sebelumnya yang tidak dipublikasi seperti skripsi, tesis, dan disertasi jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Data yang telah diperoleh berjumlah 56 penelitian (28 skripsi, 22 tesis, dan 6 disertasi). Data yang diperoleh kemudian dikelompokkan berdasarkan jenjang pendidikan dan model pembelajaran yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 penelitian terdapat 48 penelitian yang berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Model pembelajaran inovatif tersebut dapat memberdayakan keterampilan metakognitif siswa, hal tersebut tidak lepas dari adanya sintaks pembelajaran. Sintaks pembelajaran memuat strategi-strategi metakognitif yang dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Model pembelajaran yang sama jika diterapkan pada jenjang yang berbeda memiliki hasil yang berbeda, hal tersebut dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi selama penelitian. Akan tetapi secara keseluruhan model inovatif dapat memberdayakan keterampilan metakognitif siswa.  

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar model pembelajaran inovatif dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dikarenakan adanya strategi metakognitif dalam sintaks model pembelajaran. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kuat atau lemahnya model pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa yaitu keterlaksanaan sintaks pembelajaran, kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran, kesesuaian perpaduan sintaks model pembelajaran, dan kemampuan akademik siswa