SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI PADA MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE SISWA KELAS X SMAN DI MALANG

Yulista Trias Rohayati., Siti Zubaidah., Susriyati Mahanal.

Abstrak


ABSTRAK

Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan salah satu keterampilan yang perlu diberdayakan dalam pembelajaran biologi. Keterampilan argumentasi ilmiah dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan untuk memahami, menalar, menganalisis, dan memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara keterampilan argumentasi ilmiah dengan hasil belajar kognitif biologi pada model pembelajaran RICOSRE. Penelitian ini tergolong dalam penelitian korelasional. Sampel yang digunakan siswa kelas 18 MIPA  SMAN 1 Malang dan kelas X IPA SMAN 1 Turen dengan total 57 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan soal pretest dan posttest keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif. Analisis regresi linear sederhana digunakan untuk  menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwahubungan antara keterampilan argumentasi ilmiah dengan hasil belajar kognitif signifikan,dengannilai R=0,800. Keterampilan argumentasi ilmiah memberikan sumbangan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada model pembelajaran RICOSRE sebesar 64%.

Kata kunci: Keterampilan argumentasi ilmiah, hasil belajar kognitif, RICOSRE

ABSTRACT

The skill of scientific argumentation is one of the skills that need to be empowered in biology learning. The skills of scientific argumentation can help students improve their ability to understand, make a reason, analyze, and solve problems. The purpose of this study is to know relationship between scientific argumentation skills with cognitive learning outcomes of biologyin the application of RICOSRE learning model.This research uses correlational research design. The sample in this research are students of class 18 MIPA SMAN 1 Malang  and X IPA SMAN 1 Turen with a total of 57 students. Research data obtained from pretest and posttest scientific argumentation skills and cognitive learning outcomes. Simple linear regression analysis is used for analysis of research data. Result shows that the relationship between scientific argumentation skills and cognitive learning outcoumes is significant, shows a value of R = 0,800. The scientific argumentation skills contributed to students' cognitive learning outcomes in the RICOSRE learning model by 64%.

Key words: scientific argumentation skills, cognitive learning outcomes, RICOSRE