SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Materi Struktur Jaringan Tumbuhan Kelas XI di SMA Negeri 2 Lamongan untuk Pembelajaran Remedi

Aulia Ayu Suryanitha

Abstrak


Siswa yang belum mencapai KKM satuan pendidikan harus mengikuti pembelajaran remedi. Hasil wawancara yang dilakukan di SMA Negeri 2 Lamongan, guru dan siswa mengalami keterbatasan waktu dan tempat dalam melaksanakan pembelajaran remedi, sehingga guru langsung melaksanakan tes remedi tanpa adanya review terhadap materi yang sulit dipahami oleh siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan modul cetak dan non cetak materi struktur jaringan tumbuhan kelas XI di SMA Negeri 2 Lamongan untuk pembelajaran remedi yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, develop, implement, evaluate. Hasil analisis data uji kevalidan modul oleh validator ahli materi, diperoleh rerata persentase sebesar 100% yang artinya modul sangat valid, oleh validator ahli media pembelajaran sebesar 84,4% yang artinya modul valid, oleh praktisi lapangan sebesar 96,8% yang artinya modul sangat valid. Hasil analisis data uji kepraktisan oleh siswa yang mengalami remedi, diperoleh rerata persentase sebesar 89,2% yang artinya modul sangat praktis. Hasil analisis data uji keefektifan modul dengan n-gain diperoleh nilai sebesar 0,85 yang artinya modul memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa modul materi struktur jaringan tumbuhan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk pembelajaran remedi.

Kata kunci: modul, pembelajaran remedi, struktur jaringan tumbuhan.