SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Sistem Koordinasi untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lawang

Christine Apriyani

Abstrak


ABSTRAK

Siswa SMAN 1 Lawang masih belum menguasai kemampuan berpikir kritis yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa dalam materi yang dipelajari. Multimedia interaktif sebagai salah satu media pembelajaran dapat membantu proses pembelajaran karena dalam satu media terdapat banyak aspek yang bisa dimunculkan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran  interaktif yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem koordinasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee and Owens (2004). Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase sebesar 99,3% yang menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan sangat layak serta berdasarkan uji kepraktisan diperoleh persentase sebesar 94,5% yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Peningkatan kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan gain score dan diperoleh nilai 0, 812 yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.  

Kata Kunci : berpikir kritis, multimedia pembelajaran interaktif, sistem koordinasi

ABSTRACT

Students of SMAN 1 Lawang still have not mastered criticall thinking skills that caused by the lack of their understanding in the material that has been studied.Interactive multimedia as one of the learning media can help the learning process because in one media there are many aspects that can be lifted. This research and development aims to develop appropriate, practical and effective interactive learning multimedia in coordination system material. The research and development model used is Lee and Owens’s Model (2004). Based on the results of the validation, the percentage was 99,3% and practicality tests obtained the percentage of 94,5% showed that multimedia interactive developed is very feasible and practical to use in the learning process. The improvement in critical thinking skills was measured by using the gain score and obtained a value of 0. 812 which showed that interactive multimedia was developed effectively to improve students' critical thinking skills.

Keywords : critical thinking, interactive multimedia learning, nervous system, endocrine system, and sense organs