SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Potensi Model-model Pembelajaran dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Saroiroh Alfi

Abstrak


RINGKASAN

Saroiroh, Alfi. 2019. Potensi Model-model Pembelajaran dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd., (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd

Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran, meta-analisis

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan oleh pebelajar dalam menghadapi tantangan kehidupan. Perkembangan zaman yang mulai memasuki abad pengetahuan atau abad 21 menuntut siswa untuk memiliki beberapa keterampilan, salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis merupakan kegiatan pemikiran yang didasarkan atas fakta dan peninjauan kembali terhadap suatu permasalahan untuk menemukan suatu keyakinan. Pentingnya berpikir kritis mendorong berbagai peneliti untuk mengkaji mengenai pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian yang telah berkembang selama ini hanya sebatas untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran pada kondisi tertentu, belum ada penelitian yang melihat kecenderungan berbagai model pembelajaran dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :

1) mengetahui potensi model pembelajaran dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis,

2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kuat atau lemahnya pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian survei meta-analisis yang mengkaji pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan variabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel terikat berupa keterampilan berpikir kritis siswa. Data penelitian diperoleh dari penelitian sebelumnya yang tidak dipublikasi seperti skripsi, tesis, dan disertasi jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Data yang telah diperoleh berjumlah 48 penelitian (12 skripsi, 29 tesis, dan 7 disertasi). Data yang diperoleh kemudian dikelompokkan berdasarkan jenjang pendidikan dan model pembelajaran yang sama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 48 penelitian terdapat 45 penelitian yang berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran inovatif tersebut dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa, hal tersebut tidak lepas dari adanya sintaks pembelajaran. Sintaks pembelajaran memuat strategi-strategi berpikir kritis yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran yang sama jika diterapkan pada jenjang yang berbeda memiliki hasil yang berbeda, hal tersebut dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi selama penelitian. Akan tetapi secara keseluruhan model inovatif dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar model pembelajaran inovatif dapat memberdayakan berpikir kritis dikarenakan adanya strategi berpikir kritis dalam sintaks model pembelajaran. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kuat atau lemahnya model pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu keunggulan sintaks, kemampuan guru, kondisi siswa, dan faktor intelegensi siswa.

SUMMARY

Saroiroh, Alfi. 2019. Potential Learning Models in Empowering  Critical Thinking Skills of Students. Sarjana’s Thesis. Biology Department. Faculty of Mathematics and Science. Universitas Negeri Malang. Advisor: (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd., (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd

Keywords: critical thinking skills, learning models, meta-analysis

Critical thinking skill is one of aspect that must be developed by students in facing life's challenges. The development of new era that begin to enter the century of knowledge or the 21st century requires students to have several skills, one of life skills is critical thinking skills. Critical thinking skills is activity of think based on facts and a review of a problem to find a belief. The important of critical thinking encourages researchers to examine about the influence of learning models in critical thinking skills. Research that has developed so far is only limited to know how the influence of learning models in certain conditions are available or not, there is no research that look at the tendency of various learning models in empowering critical thinking skills of student. The purpose of this study is to:

1) find out the potential of the learning model in empowering critical thinking skills,

2) knowing the the strength or weakness factor of the influence in learning models of critical thinking skills.

This research is a meta-analysis survey research that examines the effect of learning models on critical thinking skills of students. The research is use quasi-experimental research with independent variables is learning models and the dependent variable is critical thinking skills of students. The research data was obtained from previous unpublished research such as the sarjana’s thesis, thesis, and dissertation majoring in Biology, Universitas Negeri Malang. The data that obtained is amount to 48 research (12 sarjana’s thesis, 29 thesis, and 7 dissertations). The data that obtained then grouped based on the level of education and the same learning model.

The results showed that from 48 research there are 45 influential studies to improve critical thinking skills of student. This innovative learning model can empower critical thinking skills, this is inseparable from the learning syntax. The learning syntax contains strategies of critical thinking that can improve critical thinking skills. If the same learning model applied to different level, it has different results, this is due to factors that influence during the study. But overall the innovative model can empower critical thinking skills of students.

Based on the results of the study it can be concluded that mainly the innovative learning models can empower critical thinking due to the existence of critical thinking strategies in the syntax of learning models. Another factors that can influence the strength or weakness of the learning model in improving critical thinking skills are the advantages of syntax, ability of the teacher, condition of the student, and intelligence factor in student