SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Muhibbatul Aina

Abstrak


Nilai hasil belajar merupakan salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar seseorang. Hasil belajar yang diperoleh oleh tiap individu tentu tidak sama, hal ini dikarenakan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran. Penelitian ini akan mengkaji lebih mendalam mengenai kecenderungan pengaruh model-model pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa pada berbagai kondisi serta mengenai perbedaan nilai signifikansi yang diperoleh dari berbagai penelitian yang telah dilakukan dengan tema yang sama. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan dengan kajian meta-analisis. Berdasarkan hasil seleksi data penelitian sebelumnya didapatkan sejumlah 51 data penelitian mengenai pengaruh suatu model pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menunjukkan bahwa:

1) Sebagian besar model pembelajaran inovatif memiliki potensi dalam menignkatkan hasil belajar kognitif siswa dikarenakan adanya berbagai strategi yang mendukung,

2) Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kuat lemahnya model pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa diantaranya: sintaks model pembelajaran tidak sesuai dengan usia perkembangan siswa, sintaks sesuai ketika dipadukan dengan model pembelajaran lain, gaya belajar siswa, kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran, kemampuan akademik, serta ondtrumen penelitian yang digunakan tidak terstandard.

Keywords:  Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Model Pembelajaran.