SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Nindiana Choirunisa'

Abstrak


Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa, baik dalam lingkup pengetahuan maupun lingkup sosial, salah satu upaya untuk menunjang peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada siswa adalah dengan mengkaji tentang pengaruh berbagai model pembelajaran terhadap keterampilan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Memberikan gambaran pengaruh model-model pembelajaran terhadap keterampilan pemecahan masalah, dan 2) Memberikan gambaran tentang faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap kecenderungan pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei dengan menggunakan kajian meta-analisis. Berdasarkan hasil seleksi yang telah dilakukan, didapatkan 33 data penelitian yang  terdiri dari 14 macam model pembelajaran.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa:

1) Sebagian besar model pembelajaran inovatif berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah,

2) Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kuat lemahnya model pembelajaran inovatif terhadap keterampilan pemecahan masalah meliputi: keberadaan strategi pemecahan masalah dalam sintaks model pembelajaran inovatif, keterlaksanaan sintaks pembelajaran, dominansi sintaks pembelajaran yang lebih berpotensi membantu meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi atau keterampilan lain pada siswa, kemampuan guru dalam mengatur kelas, serta kondisi siswa baik berupa motivasi siswa maupun kemampuan akademik siswa selama proses pembelajaran.

Keywords:  Keterampilan pemecahan masalah, model pembelajaran, faktor-faktor yang mempengaruhi model pembelajaran