SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Preferensi Pakan Berdasarkan Analisis komposisi Feses Merak Hijau (Pavo muticus Linneaus, 1766) Di Savana Bekol taman Nasional Baluran

ASHOFFI ANISA MEILIA

Abstrak


ABSTRAK

Ashoffi, Anisa, Meilia. 2019. Preferensi Pakan Berdasarkan Analisis Komposisi Feses Merak Hijau (Pavo muticus Linnaeus, 1766) Di Savana Bekol Taman Nasional Baluran. Skripsi, Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. Suhadi,M. Si. (II) Drs. Agus Dharmawan, M.Si.

Kata Kunci: preferensi pakan, merak hijau, Savana Bekol Taman Nasional Baluran

Taman Nasional didefenisikan sebagai kawasan alami yang luas yang difungsikan untuk melindungi proses ekologis dalam skala besar termasuk seluruh spesies, dan karakteristik ekosistem pendukung di area tersebut yang memiliki fungsi sebagai pusat ekosistem, lokasi penelitian dan edukasi, serta lokasi rekreasi yang menarik pengunjung dari berbagai macam kalangan. Taman Nasional diupayakan untuk menjaga fungsi habitat secara maksimal agar kelestarian satwa khas di Taman Nasional Baluran yaitu banteng (Bos javanicus d’Alton), kerbau liar (Bubalus bubalis Kerr.) dan merak hijau (Pavo muticus Linnaeus, 1766). Karakteristik Taman Nasional Baluran yaitu adanya padang savana yang luasnya 323.99 ha. Padang rumput merupakan habitat penting bagi satwa liar, bukan hanya sebagai tempat mencari makan namun juga sebagi tempat berkembang biak dan melangsungkan kehidupan bagi satwa padang rumput.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui preferensi pakan merak hijau di habitat savana Bekol Taman Nasional Baluran berdasarkan analisis material feses dan untuk mengetahui peran ekologis merak hijau berdasarkan preferensi pakan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif. Metode yang digunakan adalah metode cluster sampling. Obyek penelitian yang diamati berupa semua sample feses merak yang terdapat di beberapa cluster di Savana Bekol Taman Nasional baluran.

 

Hasil dari penelitian ini bahwa keberadaan merak hijau dapat menentukan rona lingkungan berdasarkan tumbuhan yang tumbuh di habitat merak hijau. kondisi vegetasi tumbuhan bawah bersifat seragam dan nilai INP tertinggi yaitu tumbuhan pakan merak hijau. Tumbuhan preferensi pakan merak hijau di habitat savana Bekol Taman Nasional Baluran berdasarkan analisis material feses adalah Rottboellia exaltata L.f., Cyperus rotundus L., Eragrostis eragrostis  L., Salvia riparia Kunth, Acalypha indica L. dan Vachellia nilotica L. Peran ekologis merak hijau adalah sebagai dispersi biji tumbuhan pakan merak hijau itu sendiri yang tumbuh melalui biji yang terdapat di feses merak hijau dan sebagai penentu rona ekosistem suatu hutan.