SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Materi Bakteri Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 4 SMAN 1 Tumpang

Iskandar Dheka Sapti

Abstrak


RINGKASAN

Iskandar, D. S. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Materi Bakteri Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 4 SMAN 1 Tumpang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.Triastono Imam Prasetyo, M. Pd., (2) Dr. Vivi Novianti, S.Si, M.Si    .

Kata Kunci: Pengembangan, multimedia interaktif, android, bakteri, berfikir kritis, hasil belajar

Teknologi merupakan salah satu hal yang wajib dikuasai dan dimanfaatkan oleh segala elemen masyarakat, tidak terkecuali dunia pendidikan. SMAN1 Tumpangmerupakan salah satu instansi yang memiliki fasilitas teknologi yang baik sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran materi bakteri. Guru SMAN 1 Tumpang belum memanfaatkan fasilitas teknologi ini untuk sumber belajar. Salah satu sumber belajar  dapat digunakan untuk proses pembelajaran adalahdengan menggunakan multimedia interaktif.Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa multimedia interaktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian adalah pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee and Owens. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1Tumpang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 4. Data penelitian berupa hasil validasi ahli media, ahli materi, praktisi lapangan, respon siswa, pretest dan postestsiswa, jawaban soal berfikir kritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata dari penilaian validator ahli media, ahli materi dan praktisi lapangan berturut-turut adalah 89,28%, 100%, dan 91,25% yang semuanya berada pada kategori sangat valid. Nilai uji kepraktisan adalah 91,25% yang berarti sangat praktis, nilai uji keefektifan adalah 0,70 yang berarti bahwa sangat efektif dan hasil keterampilan berfikir kritis 4,05 yang berarti tingkat berfikir kritis siswa pada kategori mulai berkembang sampai berkembang dengan baik.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialahpenggunaan multimedia interaktif sangat bermanfaatdalam proses pembelajaran materi bakteri sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar lainnya yang terdapat dalam kurikulum 2013.

SUMMARY

Iskandar, D. S. 2019. Development of Android-Based Interactive Multimedia Learning Materials for Improving Critical Thinking Ability and Learning Outcomes of Class X MIA 4 Students of SMAN 1 Tumpang. Thesis. Department of Biology. Faculty of Math and Science. Malang State University. Advisors: (1) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M. Pd., (2) Dr. Vivi Novianti, S.Si, M.Si.

Keywords: Development, interactive multimedia, android, bacteria, critical thinking, learning outcomes

Technology is one of the things that must be mastered and utilized by all elements of society, including those in the world of education. SMAN 1 Tumpang is one of the institutions that has technological facilities that can be used for learning bacteria. SMAN 1 Tumpang teachers have not used technology facilities for learning resources. One learning resource that can be used for the learning process is using interactive multimedia. Some research results are expressed as interactive multimedia that is approved for improving student learning outcomes. The purpose of this study is to develop interactive multimedia to improve critical thinking skills and student learning outcomes.

This research uses Lee and Owens development models. The study was conducted in SMAN 1 Tumpang with the students of class X MIA 4 as the sample. The research data consists media expert validation, material experts, field research, student responses, pretest and posttest students, answers to critical thinking questions.

The results shows that the average percentage of media expert validators, material experts and agreed-on field approvals were 89.28%, 100%, and 91.25%, all of which corresponded to very valid categories. The practicality test value is 91.25% which means it is very practical, the effectiveness test value is 0.70 which means it is very effective and the critical thinking result is 4.05 which means the level of critical thinking of students in the category begins to develop well.

Based on the results of the study it can be concluded that multimedia development can improve critical thinking skills and cognitive learning outcomes of students. The advice that the researcher give is that the use of interactive multimedia is very useful for the learning of bacteria which is expected to improve critical thinking skills and learning outcomes available in the 2013 curriculum.