SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 1 Turen

nurhalizah . siti

Abstrak


RINGKASAN

Nurhalizah, Siti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMAN 1 Turen. skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd. (II) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd.

Kata Kunci: keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar kognitif, RICOSRE

Abad 21 diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang terampil di bidang pemecahan masalah yang kompleks, berpikir kritis dan kreatif, dengan mental self-driving, self-power. Faktanya, beberapa sekolah di Kota Malang masih kurang memberdayakan keterampilan abad 21. Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang dibutuhkan siswa dalam memecahkan masalah serta menghasilkan ide-ide yang bervariasi yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan upaya untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran biologi berbasis RICOSRE ((Reading, Indentifying the Problem, Contructing the Solution, Solving the Problem, Reviewing the Problem Solving).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Turen. 2) Pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Turen.

Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretestt-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah model pembelajaran. Variabel terikat adalah keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi. Variabel kontrol adalah materi pembelajaran, alokasi waktu, soal pretestt dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Turen pada tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas X MIPA di SMAN 1 Turen. Data diambil pada saat pretest dan posttest. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas data data dengan uji Kolmogorov Smirnov dan uji normalitas dengan Levene’s test. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05) menggunakan data skor pretest dan posttest. Uji anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05) dilakukan menggunakan data selisih posttest dan pretest.

Hasil penelitian menunjukkan:

1) Ada pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Turen.

2) Ada pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap hasil belajar biologi  siswa kelas X di SMA Negeri 1 Turen.

SUMMARY

Nurhalizah, Siti. 2019. The Effect of The RICOSRE Learning Model on Creative Thinking Skills and The Biology Learning Outcomes of Ten Class Students at SMA 1 Turen. skripsi, Biology Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Malang. Advisor: (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd. (II) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd.

Key Words: creative thinking skills, biology learning outcomes, RICOSRE

solving, critical and creative thinking, with mental self-driving, self-power. In fact, some schools in Malang City are still not empowering 21st century skills. Creative thinking skills are one of the 21st century skills that students need to solve problems and produce varied ideas that can improve students' cognitive learning outcomes. Based on this, we need to give the efforts to empower creative thinking skills and student biology learning outcomes. The problem is expected to be overcome by applying the biology learning model based on RICOSRE (reading, indentifying the problem, constructing the solution, solving the problem). The purpose of this study is to find out: 1) the effect of the RICOSRE learning model on creative thinking skills of ten class students at SMAN 1 Turen. 2) The effect of the RICOSRE learning model on the biology learning outcomes of ten class students at SMAN 1 Turen.

The reearch design used was quasi-experimental, research design Pretestt-Posttest Nonequivalent Control Group Design. The independent variable is the learning model. The dependent variable is creative thinking skills and biology learning outcomes. Control variables are learning material, time allocation, pretestt and posttest questions. The population of this study was all students of class X of SMAN 1 Turen in the period semester 2018/2019 school year. The sample in this study consisted of 3 classes in ten grade MIPA at SMAN 1 Turen. Data was taken at the pretest and posttest. The test instrument was first tested for validity and reliability. Before the hypothesis test the data normality test was carried out by the Kolmogorov Smirnov test and the normality test with Leven's test. Hypothesis testing uses anakova with a significance level of 0.05 (P