SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Diagram Roundhouse Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Kepanjen.

ANNISAA AHMADA ATUSTA

Abstrak


Diagram Roundhouse merupakan suatu teknik pemrosesan informasi visual yang kreatif. Diagram Roundhouse memuatinformasi yang dibentuk dengan menggunakan kode dalam wujud gambar (simbol-simbol visual) dan kata-kata pengingat yang sederhana. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru biologi SMAN 1 Kepanjen, mereka menyatakan bahwa materi Sistem Koordinasi adalah materi yang sulit, ditunjukkan oleh hasil studi pendahuluan yaitu 75% responden menyatakan sistem koordinasi adalah materi yang sulit dipahami siswa, sedangkan 25% responden menyatakan bahwa sistem imun adalah materi yang sulit. Berdasarkan data Penilaian Akhir Semester SMAN 1 Kepanjen menunjukkan bahwa nilai rata-rata pelajaran biologi siswa kelas XI MIPA 3 adalah 63,40. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa perlu ditingkatkan.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Diagram Roundhouse yang memenuhi kelayakan, kepraktis-an dan keefektifan pada materi Sistem Koordinasi Manusia kelas XI SMAN 1 Kepanjen. Materi yang diambil sesuai dengan KD 3.10 dan 4.10. Tujuan pengembangan adalah untuk pemecahan masalah yang ditemukan pada saat melakukan studi pendahuluan di SMAN 1 Kepanjen, sehingga dapat dihasilkan media pembelajaran yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.

Model pengembangan yang akan digunakan adalah ADDIE. Prosedur penelitian dan pengembangan media Diagram Roundouse adalah sebagai berikut:

1) Analyze/ Menganalisis,

2) Design/Rancangan,

3) Develop/Mengembangkan,

4) Implement/Menerapkan. Pada tiap tahapan ADDIE dilakukan Evaluate/evaluasi. Diagram Roundhouse divalidasi oleh dua satu ahli materi, satu ahli asesmen, satu ahli media, dan praktisi lapangan. Keefektifan media diukur dengan menghitung rata-rata nilai pretest dan posttest siswa, kemudian dihitung menggunakan rumus N-Gain.

 

Hasil presentase validitas materi pada uji validasi oleh ahli materi memperoleh rata-rata skor 100% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi soal oleh ahli asesmen adalah 85% dengan kriteria sangat valid. Validasi produk oleh ahli media memperoleh hasil presentase yaitu 95% dengan kriteria sangat valid. Validasi produk oleh praktisi lapangan memperoleh hasil presentase untuk 86,19% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan skor 87%, artinya media yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran biologi. Setelah dilakukan pembelajaran Sistem Koordinasi menggunakan diagram Roundhouse, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ditunjukkan dari perhitungan N-gain pada uji kelompok kecil adalah 0,38 dan uji kelompok besar adalah 0,34. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa Diagram Roundhouse materi Sistem Koordinasi untuk siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.