SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM ) Materi Bioteknologi di SMA Muhammadiyah 1 Malang.

ZUHRI FARAH ADIBAH

Abstrak


RINGKASAN

Zuhri, Farah Adibah. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM ) Materi Bioteknologi di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, STEM, Bioteknologi

Abad 21 memberikan tantangan dalam penguasaan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi. Dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yang dapat menjawab tantangan abad 21. Model pembelajaran berbasis  Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) merupakan model pembelajaran yang berfokus pada peningkatan ilmu pengetahuan dan matematika sebagai disiplin ilmu yang terintegrasi dengan teknologi dan rekayasa sehingga dapat menjawab tantangan abad 21. Salah satu materi yang dapat diajarkan dengan model pembelajaran berbasis STEM adalah bioteknologi. Materi bioteknologi yang terintegrasi STEM perlu dibelajarkan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis STEM.

Penelitian ini bertujuan untuk:

(1)  Mengembangkan produk berupa perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, LKS dan Handout) sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah 1 Malang materi bioteknologi.

(2) Mengetahui validasi perangkat pembelajaran berbasis STEM (Silabus, RPP, LKS dan Handout) untuk diimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran.

(3) Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis STEM pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Malang.

(4) Mengetahui kepraktisan LKS dan Handout berbasis STEM pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Malang.

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba implementasi yaitu siswa kelas XII MIPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Malang sebanyak 19 siswa. Uji yang dilakukan pada penelitian ini terdapat 4 uji yaitu uji kelayakan, uji keefektivan, uji kepraktisan dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil dari penelitian ini adalah:

(1) uji kelayakan: rerata validasi perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid.

(2) uji kepraktisan : rerata kepraktisan pada LKS dan Handout dinyatakan praktis.

(3) uji keefektifan: diperoleh skor n-gain sebanyak 3,25% sehingga dinyatakan produk ini efektif digunakan.

(4) keterlaksanaan sintaks pembelajaran: rerata pada pertemuan 1 adalah 97,4 dengan kriteria sangat baik dan  rerata pertemuan 2 adalah 94,27 dengan kriteria sangat baik.