SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

KUSUMAWATI EVI

Abstrak


RINGKASAN

Kusumawati, Evi. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Imun untuk Mengembangkan Literasi Digital dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M. Pd, (II) Dra. Amy Tenzer, M.S.

Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, inkuiri terbimbing, literasi digital, hasil belajar.

Proses pembelajaran materi sistem imun di SMA Negeri 6 Malang menggunakan model pembelajaran PBL serta menggunakan media gambar dan video. Siswa memberi keterangan bahwa materi sistem imun bersifat abstark dan banyak kata asing yang sulit dipahami, sehingga hasil belajar siswa rendah. Literasi digital siswa masih rendah karena guru belum pernah menggunakan pembelajaran yang mengembangkan literasi digital siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem imun yang teruji kevalidan, kepraktisan, keefektifannya untuk mengembangkan literasi digital dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap,

(1) Analysis,

(2) Design,

(3) Develop,

(4) Implementation,

(5) Evaluation.

Produk diimplementasikan kepada 30 siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 6 Malang. Sebelum diimplementasikan produk multimedia telah divalidasi ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi lapangan. Multimedia interaktif diuji kefektifan dan kepraktisan setelah melakukan implementasi produk. Uji keefektifan terhadap hasil literasi digital dengan melihat skor perkembangan literasi digital. Uji Keefektifan terhadap hasil belajar dengan melihat nilai peningkatan hasil pre-test dan post test melalui gain score. Kepraktisan multimedia interaktif didapatkan dari hasil perolehan angket uji kepraktisan yang diisi oleh 30 orang siswa kelas XI MIPA 2.

 

Multimedia yang dikembangkan sangat valid dengan perolehan validasi ahli media 96,81%, validasi ahli materi 93,05% dengan presentase 100% pada aspek materi, dan validasi praktisi lapangan mendapatkan presentase 98,45%. Analisis uji kepraktisan multimedia interaktif 84,83% dengan kriteria penilaian kepraktisan sangat praktis. Hasil uji keefektifan multimedia didapatkan dari data perkembangan literasi digital pada pertemuan 1 dan 2 yang menunjukkan keefektifan multimedia untuk mengembangkan literasi digital. Uji keefektifan peningkatan hasil belajar didapatkan rerarata gainscore sebesar 0,361765 dengan kesimpulan multimedia yang dikembangkan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan yaitu perlu adanya pengembangan multimedia lain dengan model pembelajaran berbeda untuk mengembangkan literasi digital yang lebih maksimal, perlu diperhatikan setiap unsur multimedia interaktif, seperti unsur kualitas audio, gambar, video, dan kemudahan tombol navigasi dalam proses pengembangan produk. Hasil produk penelitian dan pengembangan dapat didesiminasi melalui forum seminar dan penulisan artikel jurnal.