SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULETIN FLIPBOOK INTERAKTIF MATERI SISTEM EKSKRESI GINJAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 1 LAWANG

MEGAH SRI RETNO APRILIANA

Abstrak


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk

(1) menghasilkan buletin flipbook interaktif materi sistem ekskresi ginjal,

(2) menguji kevalidan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa,

(3) menguji kepraktisan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa,

(4) menguji keefektifan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Lee and Owens (2004), meliputi analisis kebutuhan, design, pengembangan dan implementasi, serta evaluasi. Buletin flipbook interaktif memperoleh nilai validitas materi sebesar 91,25% dengan kriteria sangat valid, validitas media sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 92,01% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan hasil belajar kognitif memperoleh nilai sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi dan untuk keterampilan berpikir kritis menunjukkan nilai sebesar 0,68 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa buletin flipbook interaktif layak, praktis dan efektif untuk digunakan.