SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HOTS MATERI SISTEM RESPIRASI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI IPA DI SMAN 1 SINGOSARI

MIFTAHUL ROQHMAH

Abstrak


Pada penelitian ini dilakukan pengembangan instrumen evaluasi HOTS materisistem respirasisebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan instrumen evaluasi HOTS materi sistem respirasi yang valid, praktis dan efektif. Selain instrumen evaluasi HOTS dikembangkan pula RPP dan LKS sebagai produk pendukung. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiridari 5 langkah yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Uji coba produk dilakukan di SMAN 1 Singosari. Instrumen evaluasi HOTS dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 100%, kualitas soal sebesar 88,45%, sangat praktis dengan persentase 94,47% berdasarkan hasil pengisian angket respon pengguna oleh guru dan siswa, efektif berdasarkan perolehan rerata skor ulangan harian 56 siswa sebesar 43,46 dari skor maksimum sebesar 61.