SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pemanfaatan Laboratorium Terbuka Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Hubungannya dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X SMA/MA Negeri di Kota Batu

BRILIA AJENG ROFIKA

Abstrak


RINGKASAN

Brilia, Ajeng Rofika. 2018. Analisis Pemanfaatan Laboratorium Terbuka Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Hubungannya dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X SMA/MA Negeri di Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M. Sc., Ph. D., (II) Ir. Nugrahaningsih, M. P.

Kata kunci: laboratorium terbuka, sikap peduli lingkungan,sumber belajar.

Persoalan lingkungan yang saat ini dihadapi adalah bagaimana membentuk sikap peduli dan sadar lingkungan pada masyarakat. Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang asri dapat menjadi dasar masyarakat untuk bertindak melakukan pencegahan sebelum bencana terjadi.Sekolah merupakan lingkungan hidup siswa selain lingkungan tempat tinggal.Hal tersebut membuat sekolah menjadi tempat yang sangat efektif untuk membentuk karakter siswa dalam hal sikap peduli lingkungan. Tidak semua hal yang diajarkan dapat dibawa ke ruang belajar, tetapi harus didatangi ke tempatnya.Pembelajaran di luar ruangan selama ini hanya terfokus pada mata pelajaran muatan lokal atau pendidikan lingkungan hidup saja, sehinggadampak dari kegiatan tersebut guru merasa kekurangan waktu untuk memanfaatkan lingkungan pada pelajaran biologi dan lebih memilih untuk mengajarkan biologi menggunakan buku teks atau tayangan slide.

Berdasarkan hal tersebut muncul pertanyaan

(1) bagaimana pemanfaatan laboratorium terbuka sekolah sebagai sumber belajar di  SMA/MA Negeri di Kota Batu,

(2) bagaimana sikap peduli lingkungan siswa kelas X di SMA/MA Negeri di Kota Batu, dan

(3) bagaimana hubungan pemanfaatan laboratorium terbuka sekolah sebagai sumber belajar dengan sikap peduli lingkungan siswa SMA/MA Negeri di Kota Batu.Penelitian diklasifikasikan sebagai penelitian metode campuran (deskriptif dan survei) yang menggunakan instrumen observasi, wawancara dan kuesioner berskala Likert. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Batu, SMAN 2 Batu dan MAN Kota Batu dengan total sampel sebanyak 227 siswa yang diambil secara acak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa

(1) pemanfaatan laboratorium terbuka sekolah sebagai sumber belajar di SMA/MA Negeri di Kota Batu termasuk pada kategori pemanfaatan sangat baik dengan hasil persentase sebesar 82,5% untuk SMAN 1 Batu dan MAN Kota Batu, serta 85% untuk SMAN 2 Batu,

(2) sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA/MA Negeri di Kota Batu termasuk kategori sangat baik dengan hasil persentase 89% untuk SMAN 1 Batu dan 87% untuk SMAN 2 Batu serta MAN Kota batu, dengan persentase manifestasi perilaku peduli lingkungan siswa sebesar 87,5% untuk SMAN 1 Batu dan SMAN 2 Batu, serta 83,3% untuk MAN Kota Batu, dan

 

(3) pemanfaatan laboratorium terbuka sekolah sebagai sumber belajar biologi secara signifikan berpengaruh positif terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas X. Besar pengaruhnya di SMAN 1 Batu adalah sebesar 15,84%, di SMAN 2 Batu sebesar 30,69% dan di MAN Kota Batu sebesar 29,16%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain variabel penelitian.