SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Batu

Feti Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi di SMP Islam 01 Batu pada tanggal 24-26 Agustus 2016 kelas 8 semester gasal, kemampuan literasi sains siswa masih tergolong berada pada tingkatan terendah yaitu non literasi. Hal ini dapat terlihat dari kemampuan analisis siswa yang masih rendah dan juga minat baca yang masih rendah. Pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang berpusat pada siswa dan membuat pembelajaran menjadi kurang efektif oleh karena itu diperlukan sebuah proses pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif selama pembelajaran adalah strategi pembelajaran inkuiri terstruktur. Strategi pembelajaran inkuiri terstruktur sangat sesuai bagi siswa yang masih belum berpengalaman dalam berinkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP di Kota Batu; 2) pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap hasil belajar siswa SMP di Kota Batu.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah literasi sains dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII di SMP Islam 1 Batu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menguji kesetaraan anava dari nilai ulangan harian materi sistem gerak pada manusia. Dua kelas yang setara adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan melaksanakan pretes dan postes di awal dan di akhir pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik (analisis kovarian) menggunakan program SPSS for Ms Window 1.6.

Hasil uji prasyarat dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan Levene’s Test menunjukkan data hasil belajar dan literasi sains terdistribusi normal dan kedua kelas memiliki varian yang sama. Uji hipotesis dengan menggunakan analisis kovarian dengan taraf signifikasi 0,05 (P